Contoh Surat Lamaran Kerja JNE yang Efektif dan Profesional

Lamaran kerja merupakan kunci untuk memperoleh pekerjaan yang diimpikan. Salah satu perusahaan yang menjadi favorit para pencari kerja adalah JNE. JNE adalah perusahaan jasa pengiriman yang memiliki jaringan luas di seluruh Indonesia dan telah terbukti memberikan layanan terbaik. Oleh karena itu, kamu harus siapkan contoh surat lamaran kerja JNE yang menarik dan memukau agar mereka tertarik memperkerjakanmu. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas cara membuat surat lamaran kerja JNE dengan bahasa Indonesia yang santai dan mudah dipahami. Yuk, simak terus!

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik untuk JNE


Surat Lamaran Kerja JNE

Saat ini banyak orang mencari pekerjaan di berbagai bidang dan perusahaan. Tidak terkecuali dengan JNE, perusahaan penyedia jasa pengiriman barang ini juga banyak diincar oleh para pencari kerja. Agar bisa diterima bekerja di JNE, tentunya Anda harus membuat surat lamaran kerja yang baik dan menarik bagi perusahaan. Berikut ini adalah tips menulis surat lamaran kerja yang baik untuk JNE:

1. Ketahui Profil JNE

Sebelum membuat surat lamaran kerja, ada baiknya jika Anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai profil JNE. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui profil perusahaan, seperti membaca website JNE, mencari tahu di media sosial, atau Anda bisa menanyakan langsung pada teman atau saudara yang bekerja di perusahaan ini. Dengan mempelajari profil perusahaan, Anda bisa mengetahui budaya kerja yang dianut oleh JNE dan hal-hal lain yang menjadi nilai tambah bagi perusahaan. Hal ini bisa Anda cantumkan pada surat lamaran untuk menunjukkan bahwa Anda memang serius ingin bergabung dengan JNE dan sudah melakukan langkah-langkah untuk mengetahui tentang perusahaan tersebut.

Selain itu, dengan mengetahui profil perusahaan, Anda bisa menyelaraskan visi dan misi perusahaan dengan potensi dan keahlian Anda. Pada saat wawancara nantinya Anda bisa menunjukkan bahwa Anda bisa memberikan kontribusi nyata bagi JNE.

2. Buat Surat Lamaran Kerja yang Baik

Membuat surat lamaran kerja sebaiknya memang dilakukan dengan hati-hati dan teliti. Surat lamaran kerja yang baik harus memenuhi beberapa hal, antara lain:

  • Tidak mempunyai kesalahan penulisan dan tata bahasa.
  • Sesuaikan format penulisan surat lamaran dengan standar umum yang benar.
  • Memperlihatkan diri sebagai individu yang berkemampuan dan berkompeten.
  • Menjelaskan kualifikasi pendidikan dan pengalaman kerja yang relevan dan sesuai.
  • Menunjukkan rasa antusiasme Anda dalam bekerja dengan JNE.

Berikut beberapa tips menulis surat lamaran kerja yang baik:

  • Ketahui nama orang yang tepat sebagai penerima surat tersebut. Anda dapat mencarinya di website JNE atau tanyakan langsung kepada karyawan JNE yang Anda kenal.
  • Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Jangan terlalu menggunakan bahasa yang formal atau berlebihan.
  • Buat opening statement yang menarik dan terkesan personal. Bukan hanya menulis “Dalam rangka mengisi Lowongan Kerja…”, tetapi Anda bisa menuliskan pengalaman pribadi atau kesukaan Anda yang berkaitan dengan bidang JNE.
  • Selaraskan visi dan misi perusahaan dengan visi dan misi Anda sendiri.
  • Selalu cantumkan dokumen pendukung seperti CV, portfolio, atau sertifikat.

3. Pahami Kriteria dan Kode Etik JNE

Setelah membuat surat lamaran kerja yang baik, Anda juga harus memahami kriteria dan kode etik JNE. Hal ini akan membantu Anda lebih mempersiapkan diri menjelang wawancara kerja nantinya. Beberapa kriteria yang harus Anda penuhi, seperti:

  • Memiliki kualifikasi pendidikan minimal Diploma 3 dan maksimal S1, dari berbagai bidang keilmuan.
  • Memiliki pengalaman kerja atau magang di bidang yang sama minimal 1 tahun.
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi dan interpersonal yang baik.
  • Memiliki kemampuan dalam bekerja dengan multitasking dalam tekanan kerja yang tinggi.
  • Memiliki sikap dan perilaku yang baik dan sesuai dengan etika perusahaan.

Untuk kode etik JNE, Anda bisa memperhatikan beberapa nilai dan prinsip yang dianut oleh perusahaan, seperti:

  • Memberikan pelayanan prima kepada pelanggan.
  • Menerima dan menghargai perbedaan individu yang ada di dalamnya.
  • Menjunjung tinggi integritas dan etika dalam bekerja.
  • Menyediakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi seluruh karyawan.

4. Bersiap untuk Wawancara Kerja

Setelah Anda mengirimkan surat lamaran kerja dan CV, biasanya perusahaan akan melakukan proses seleksi calon karyawan untuk memfilter mereka yang benar-benar cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda dinyatakan lolos seleksi maka akan dilakukan proses wawancara kerja. Karena itu, Anda harus bersiap diri sebaik mungkin.

Berikut ini beberapa tips untuk bersiap diri menghadapi wawancara kerja di JNE:

  • Ketahui profil dan kebutuhan perusahaan dengan baik.
  • Tanyakan informasi yang dibutuhkan pada penerima surat lamaran kerja atau tanyakan pada teman Anda yang sudah bekerja di JNE.
  • Baca artikel tentang cara menjawab pertanyaan wawancara kerja yang baik dan benar.
  • Coba latihan wawancara kerja dengan teman atau keluarga.
  • Selalu perlihatkan sikap profesional dan etika yang baik pada saat wawancara.
Baca Juga :   Jelang Piala Dunia MTB, Road Race Gubernur Kalteng Sukses Dihelat

Dalam lingkungan kerja yang kompetitif seperti sekarang, para pencari kerja harus mempersiapkan diri dengan baik agar bisa bersaing dengan yang lain. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda akan memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan di JNE, terutama dengan cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Struktur Surat Lamaran Kerja yang Tepat untuk JNE


Surat Lamaran Kerja JNE

Menulis surat lamaran kerja tidak bisa asal-asalan. Setiap perusahaan memiliki aturan dan format yang berbeda-beda. Seperti pada perusahaan JNE, jenis format yang harus kamu miliki, akan berbeda dengan format surat lamaran kerja yang kamu rangkai untuk perusahaan lainnya.

Merupakan hal yang wajar bagi seseorang yang ingin melamar kerja, untuk mengirimkan surat lamaran kerja ke perusahaan yang dituju. Surat lamaran kerja ini akan menjadi representasi dirimu sebagai seorang pencari kerja bagi perusahaan. Itulah mengapa kamu harus memerhatikan struktur yang tepat agar bisa menunjukkan bahwa kamu adalah kandidat yang tepat untuk perusahaan JNE.

Struktur surat lamaran kerja untuk JNE harus dapat menarik perhatian dan menunjukkan bahwa kamu tepat untuk mereka. Berikut ini adalah beberapa unsur yang harus kamu pastikan ada pada surat lamaran kerja untuk JNE:

Struktur Surat Lamaran Kerja JNE

I. Alamat Pengiriman

Setiap surat lamaran kerja harus ditujukan kepada perusahaan yang benar-benar dituju dan alamat perusahaan tersebut harus dicantumkan di bagian atas surat. Pastikan alamat diketik dengan benar dan tidak ada kesalahan ketika dikirimkan. Pada surat lamaran kerja untuk JNE, sesuaikan format pengiriman surat dengan alamat perusahaan JNE yang berada di kota kamu.

II. Judul

Judul yang jelas dan padat dapat membantu penempatan surat lamaran kerjamu. Pada surat lamaran kerja untuk JNE, kamu dapat memberikan judul seperti “Surat Lamaran Kerja JNE – [Nama Posisi] [Lokasi Kantor JNE]”. Menambahkan posisi dan lokasi dapat membantu HRD JNE mengkategorikan posisimu dengan lebih mudah

III. Pembukaan

Pada bagian ini, kamu dapat memulai dengan menyebutkan sumber informasi kerja yang kamu temukan, baik itu dari iklan di media sosial, website resmi JNE, atau dari rekomendasi. Selain itu, kamu juga dapat menyebutkan minatmu pada posisi yang kamu lamar dan perusahaan JNE.

IV. Riwayat Pendidikan

Pada surat lamaran kerja untuk JNE, kamu harus mencantumkan riwayat pendidikan terakhirmul, dan diploma atau penanda lulus yang kamu miliki. Jelaskan pendidikan terakhir yang kamu miliki dan mengapa pendidikan tersebut menunjang karirmu di JNE. Kamu bisa menulis tentang sumber daya yang kamu pelajari selama studimu, dan tentang bagaimana kamu merasa siap untuk berkontribusi dalam lingkungan kerja JNE.

V. Pengalaman Kerja

Sebuah surat lamaran kerja JNE yang kuat harus mencantumkan pengalaman kerjamu yang relevan dengan industri atau posisi yang dilamar. Terlebih lagi, jika kamu pernah bekerja di bidang logistik atau transportasi, tentu akan memudahkanmu untuk memahami salah satu bidang usaha yang dilakukan oleh JNE. Tuliskan jawaban kontekstual dalam puisi atau gaya bahasamu sendiri yang dapat memperlihatkan bahwa kamu memiliki keterampilan yang relevan dengan industri logistik.

VI. Penutup

Di bagian penutup, tandai secara jelas bahwa kamu sangat tertarik untuk bergabung dengan JNE, tetapi diingatkan bahwa kamu tidak akan menunggu waktu yang lama untuk membuat keputusan penggajian. Harapkan bahwa kamu akan segera mendengar kabar baik dari perusahaan.

Ingatlah bahwa surat lamaran kerja JNE harus ditulis dengan baik dan membuat perusahaan benar-benar merasa tertarik dan berpotensi mempekerjakanmu. Mengikuti contoh struktur surat lamaran kerja yang benar akan memperlihatkan bahwa kamu benar-benar bisa menjadi talenta yang dibutuhkan oleh perusahaan. Mulailah dengan memutuskan format surat yang tepat dan pastikan bahwa CV dan resume yang kamu unggah utk melengkapi surat lamaran kerja juga jelas dan terang. Semoga berhasil!

Contoh Surat Lamaran Kerja JNE untuk Posisi Ekspedisi


JNE posisi ekspedisi

JNE atau Jalur Nugraha Ekakurir adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang. Sebagai perusahaan yang sudah berdiri sejak 1990, JNE memiliki banyak cabang dan karyawan di seluruh Indonesia. Jika kamu tertarik bekerja di perusahaan ini, salah satu posisi yang bisa kamu lamar adalah posisi ekspedisi. Berikut adalah contoh surat lamaran kerja JNE untuk posisi ekspedisi:

Contoh Surat Lamaran Kerja JNE untuk Posisi Ekspedisi

Perusahaan Pengiriman JNE

Jl. Sisingamangaraja No. 305, Medan Baru,

Medan, 20117

Penerima Surat Lamaran Kerja,

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap :

Tempat dan Tanggal Lahir :

Jenis Kelamin :

Alamat :

Pendidikan Terakhir :

Nomor Telpon :

Email :

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa saya tertarik untuk mengisi posisi sebagai ekspedisi di Perusahaan Pengiriman JNE yang saat ini sedang dibuka penerimaan tenaga kerja baru.

Saya memiliki kemampuan dalam melakukan pengiriman paket dan membawa paket sesuai alamat yang tertera di dalam formulir pengiriman. Saya juga mampu memenuhi target yang telah ditentukan dan mengembangkan kemampuan saya sebagai seorang ekspedisi.

Sebelumnya saya pernah bekerja sebagai ekspedisi di salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman logistik. Saya juga telah memiliki pengalaman dalam melayani customer dan memahami betul pentingnya kepercayaan dari masing-masing pelanggan.

Baca Juga :   'InsyaAllah Bulan Ini' Bingung Cari Kerja Pasca Cerai dengan Dewi Perssik, Angga Wijaya Pilih Ikuti Jejak sang Mantan di Dunia Tarik Suara, Aji Mumpung?

Hal ini yang membuat saya termotivasi untuk bisa bekerja di JNE, perusahaan yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai perusahaan yang memberikan layanan yang terbaik dan memuaskan pelanggannya.

Bersama dengan surat lamaran ini, saya lampirkan juga Curriculum Vitae (CV) dan berkas pendukung lainnya yang mungkin dapat mendukung penerimaan saya sebagai ekspedisi di JNE.

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[Nama Lengkap]

Dalam contoh surat lamaran kerja JNE untuk posisi ekspedisi di atas, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh calon pelamar. Pertama, kamu harus mengetahui alamat lengkap dari perusahaan JNE. Hal ini penting agar kamu tidak salah mencantumkan alamat perusahaan yang ingin kamu lamar. Kedua, kamu harus mencantumkan data diri dengan jelas dan detail. Hal ini juga penting karena setiap data yang kamu sertakan akan menjadi pertimbangan bagi pihak HRD dalam menerima atau menolak lamaranmu.

Ketiga, kamu harus menekankan kemampuan dan pengalamanmu sebagai seorang ekspedisi. Hal ini bisa menjadi nilai tambah jika kamu melamar pekerjaan pada posisi tersebut di perusahaan JNE. Dengan menjelaskan kemampuan dan pengalamanmu dengan jelas, pihak HRD akan lebih mudah memahami apa yang kamu tawarkan dan seberapa besar kontribusimu bagi perusahaan.

Dalam mencantumkan pengalaman, pastikan kamu menyertakan perusahaan dan jabatanmu dengan jelas. Jangan lupa untuk menyebutkan juga tugas dan tanggung jawabmu sebagai ekspedisi. Hal ini akan semakin menambah nilai tambah dari lamaranmu.

Yang terakhir, pastikan kamu bisa membedakan dirimu dari calon pelamar lainnya. Kamu bisa menyebutkan alasan mengapa kamu sangat membutuhkan pekerjaan itu atau mengapa kamu sangat tertarik bekerja di perusahaan JNE. Dengan memberikan alasan yang kuat, kamu akan membuat pihak HRD lebih tertarik dan memahami niatmu untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Itulah contoh surat lamaran kerja JNE untuk posisi ekspedisi. Semoga contoh surat lamaran kerja JNE ini bisa membantu kamu dalam membuat surat lamaranmu sendiri. Jangan lupa untuk selalu memberikan yang terbaik dan semoga sukses dalam mencari pekerjaan impianmu!

Contoh Surat Lamaran Kerja JNE untuk Posisi Marketing


Contoh Surat Lamaran Kerja JNE Marketing

Apabila Sobat Jobseeker sedang mencari pekerjaan di bidang marketing, JNE menjadi salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia yang sering membuka lowongan posisi untuk Marketing. Oleh karena itu, Sobat Jobseeker perlu membuat surat lamaran kerja JNE yang baik agar memiliki kesempatan yang lebih besar untuk diterima menjadi karyawan JNE.

Berikut contoh surat lamaran kerja JNE untuk posisi marketing yang dapat membantu Sobat Jobseeker membuat surat lamaran kerja yang baik:

[Yogyakarta, 15 Desember 2021]
Kepada Yth,
Kepala Bagian Sumber Daya Manusia
PT. JNE
Jl. Perusahaan No. 1
Jakarta 12345

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama Lengkap: Jane Doe
Tempat/Tgl Lahir: Jakarta, 7 Februari 1996
Alamat Rumah: Jl. Pelajar No. 78, Yogyakarta
Nomor Telepon: 0812XXXXXXX
Alamat Email: janedoe@gmail.com
Pendidikan Terakhir: S1 Ilmu Komunikasi
Mengajukan diri untuk bergabung sebagai karyawan di PT. JNE dalam bidang Marketing yang saat ini dibuka untuk umum.

Saya sangat menyukai bidang marketing dan memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang pemasaran dalam berbagai produk. Dengan kemampuan saya di bidang marketing, saya percaya dapat memberikan kontribusi yang besar bagi PT. JNE dalam mempromosikan jasa dan produk mereka agar semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, saya juga mampu bekerja dalam tim dengan baik, memiliki tekad yang kuat dan inisiatif yang tinggi.

Saya memiliki komitmen yang tinggi dalam bekerja, sehingga saya selalu siap melakukan kerjasama dengan baik dengan tim dan selalu berusaha memberikan hasil kerja yang terbaik. Selain itu, saya juga selalu berusaha untuk mengasah kemampuan-kemampuan yang saya miliki agar semakin optimal dalam bekerja.

Saya yakin bahwa JNE adalah perusahaan yang profesional dan memiliki prospek yang cerah untuk berkembang bersama. Oleh sebab itu, saya tertarik bergabung dengan perusahaan ini dan menambah pengalaman serta pengetahuan saya di bidang marketing.

Untuk itu, saya mengharapkan kesempatan untuk dapat bergabung dan berkontribusi dalam perusahaan PT. JNE sebagai seorang karyawan Marketing. Saya sangat siap dan bersemangat untuk dapat melamar dan lolos tahap seleksi yang ada.

Demikian surat lamaran kerja yang saya ajukan, secara resmi saya ucapkan terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan. Untuk informasi lebih lanjut, saya siap untuk interview pada waktu yang telah Anda tentukan.

Hormat saya,
[JaneK Doe]

Baca juga artikel menarik lainnya dari kami.

Terima Kasih Telah Membaca Contoh Surat Lamaran Kerja JNE

Sekian contoh surat lamaran kerja JNE yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan di perusahaan yang bergerak dalam bidang logistik. Jangan lupa untuk memperhatikan tata bahasa dan informasi yang diberikan dalam surat lamaran kerja Anda sendiri. Semoga sukses dan bahagia dalam pencarian pekerjaan. Terima kasih telah mengunjungi website kami, kunjungi lagi nanti untuk informasi menarik lainnya. Salam sukses!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar