Contoh Surat Lamaran Kerja di Cafe yang Efektif

Saat ini, peluang untuk bekerja di industri kafe semakin menarik perhatian banyak orang. Industri ini tidak hanya menawarkan pengalaman baru, tetapi juga dapat menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan. Oleh karena itu, untuk dapat menarik perhatian pihak pengelola kafe, sangat penting untuk menulis surat lamaran kerja dengan baik dan benar. Dalam artikel ini, kami akan memberikan contoh surat lamaran kerja di cafe yang santai dan mudah dipahami untuk membantu Anda menulis surat lamaran kerja dengan lebih efektif.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Cafe


Cafe in Indonesia

Pencarian pekerjaan tidak pernah mudah, terutama bagi mereka yang hanya memiliki sedikit pengalaman. Namun, dengan permintaan yang terus meningkat untuk posisi di industri perhotelan dan pariwisata, Anda dapat mencoba berkarir di restoran atau kafe. Di artikel ini, kami akan membahas tentang bagaimana membuat surat lamaran kerja di cafe.

Sebelum mulai menulis surat lamaran kerja di cafe, ada baiknya Anda mempelajari tentang cafe itu sendiri. Cobalah untuk mengunjungi cafe yang Anda tuju, perhatikan menu, layanan, dan lingkungan mereka. Hal ini akan membantu Anda untuk mempersiapkan dan menyesuaikan surat lamaran kerja sesuai dengan cafe yang Anda targetkan.

Langkah pertama, tentukan posisi yang ingin Anda lamar, apakah itu untuk posisi sebagai pramusaji, barista, atau bagian dapur. Selanjutnya, tuliskan alamat cafe, nama penerima, dan jabatan penerima di bagian awal surat.

Setelah itu, buat paragraf pembuka dengan mengatakan bahwa Anda tertarik untuk bergabung dengan perusahaan mereka. Jelaskan juga dari mana Anda mengetahui lowongan pekerjaan yang mereka tawarkan. dan kemudian ungkapkan kualifikasi apa saja yang Anda miliki untuk posisi yang Anda lamar. Sebagai contoh, jika Anda melamar posisi sebagai barista, tuliskan bahwa Anda memiliki keahlian dalam menyiapkan minuman, atau jika Anda melamar sebagai pramusaji, tuliskan tentang pengalaman Anda dalam bidang layanan pelanggan.

Setelah itu, buat paragraf kedua dengan lebih detail. Jelaskan tentang latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja Anda. Jika Anda telah memiliki pengalaman kerja di pengindustrian perhotelan atau cafe sebelumnya, jelaskan bagaimana Anda mengambil peran yang berbeda di perusahaan sebelumnya. Jangan lupa untuk menambahkan prestasi kerja yang pernah Anda raih dan jelaskan bagaimana Anda dapat memberikan manfaat bagi perusahaan.

Setelah itu, buat paragraf penutup dan berikan kesan terakhir yang baik. Tuliskan terima kasih atas waktunya untuk mempertimbangkan surat lamaran kerja Anda, dan kemudian sertakan informasi kontak Anda agar perusahaan dapat menghubungi Anda jika mereka tertarik kepada Anda.

Sekarang, setelah Anda menyelesaikan menulis surat lamaran kerja di cafe, pastikan Anda mengeditnya dengan seksama. Pastikan tidak ada kesalahan grammar atau penulisan kata dan pastikan surat lamaran kerja Anda mudah dibaca, singkat, padat, dan to the point. Jika Anda belum merasa yakin, Anda dapat merekrut teman Anda atau profesional untuk membaca surat lamaran kerja Anda.

Dalam kesimpulan, dengan pola pikir yang positif dan keyakinan diri, Anda dapat mencari dan mengejar karir yang sempurna di industri perhotelan dan pariwisata. Dengan surat lamaran kerja yang baik dan benar, Anda meningkatkan kesempatan Anda untuk memulai karir impian Anda di cafe. Selamat mencoba dan jangan pernah menyerah!

Persyaratan Umum untuk Lamaran Kerja di Cafe


karyawan cafe

Bekerja di cafe adalah pilihan karir yang menjanjikan di Indonesia. Cafe menjadi salah satu tempat favorit masyarakat untuk bersantai, bekerja, atau mengadakan pertemuan bisnis. Sebagai contoh surat lamaran kerja di cafe, hal pertama yang perlu dipahami adalah persyaratan umum calon karyawan. Berikut di bawah ini beberapa persyaratan umum untuk lamaran kerja di cafe yang perlu diketahui calon karyawan.

1. Pendidikan

pendidikan

Pendidikan bukanlah kriteria utama dalam melamar di cafe, tetapi memiliki nilai tersendiri bagi pihak pengelola. Calon karyawan diharapkan minimal memiliki tamatan SMA atau sederajat, karena ini menunjukkan kemampuan dasar dalam membaca, menulis bahasa Indonesia, dan berhitung. Namun, jika calon karyawan tidak memenuhi persyaratan pendidikan, jangan khawatir! Cafe juga membuka kesempatan bagi calon karyawan yang masih menjadi mahasiswa atau baru lulus kuliah.

2. Pengalaman dalam Bidang Cafe

barista

Pengalaman menjadi keunggulan bagi calon karyawan saat melamar di cafe. Di dalam cafe, terdapat berbagai jenis pekerjaan seperti kasir, barista, pelayan, atau koki. Setiap pekerjaan membutuhkan kemampuan dan pengalaman yang berbeda-beda. Jika memiliki pengalaman sebelumnya sebagai barista atau pelayan di cafe atau restoran, maka hal ini menjadi nilai tambah bagi calon karyawan saat melamar. Selain itu, jika belum memiliki pengalaman dalam bidang ini, tetaplah optimistis! Cafe juga membuka kesempatan bagi calon karyawan yang belum memiliki pengalaman sama sekali. Pada awalnya, calon karyawan akan diberikan pelatihan dasar mengenai cafe dan teknik pelayanan.

Baca Juga :   Bagi Karyawan Bergaji UMR, Ini Tips Berhemat Saat Tarif Hidup Meningkat

3. Keterampilan Komunikasi

komunikasi

Setiap calon karyawan harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Keterampilan komunikasi yang baik sangat penting dalam bidang cafe, karena calon karyawan akan berhubungan langsung dengan pelanggan. Calon karyawan harus mampu menyampaikan pesan dengan jelas dan terbuka, serta mampu mendengarkan dengan baik. Selain itu, calon karyawan juga harus mampu mengatasi konflik dengan baik dan bisa beradaptasi dengan cepat pada situasi yang berbeda.

4. Kemampuan Kerja Tim

kemampuan kerja tim

Kemampuan kerja tim menjadi salah satu kriteria penting dalam lamaran kerja di cafe. Di dalam cafe, calon karyawan akan berada dalam satu tim yang sama dan harus bisa bekerja sama dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Calon karyawan harus mampu bekerja dalam tekanan dan bisa mengatasi masalah secara kolaboratif. Oleh karena itu, pihak pengelola cafe mencari calon karyawan yang memiliki kemampuan kerja tim yang baik dan dapat bekerjasama dalam tim dengan baik.

5. Penampilan dan Prilaku

penampilan

Penampilan dan prilaku calon karyawan sangatlah penting di cafe. Penampilan yang rapi dan bersih akan memberikan kesan yang baik bagi pelanggan dan akan meningkatkan kredibilitas cafe. Kriteria ini mencakup kebersihan diri, busana, dan sopan santun saat berinteraksi dengan pelanggan. Selain itu, calon karyawan harus mampu menjaga emosi dan perilaku profesional di tempat kerja. Oleh karena itu, pihak pengelola cafe mencari calon karyawan yang mempunyai sikap dan tindakan yang positif dan dapat menjadi contoh yang baik bagi tim lainnya.

Dalam melamar kerja di cafe, calon karyawan harus memenuhi persyaratan umum di atas. Namun, hal yang sangat perlu diingat bahwa kerja di cafe adalah tentang bagaimana memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan cafe. Cafe selalu mencari calon karyawan yang memiliki keramahan, sikap yang positif dan menyenangkan, serta keterampilan dalam pelayanan agar pelanggan merasa nyaman dan betah di cafe tersebut. Jadi, jika memiliki minat dan kemampuan sesuai dengan persyaratan umum yang dibutuhkan, jangan ragu untuk melamar kerja di cafe!

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja di Cafe yang Baik dan Menarik


Contoh Surat Lamaran Kerja di Cafe Indonesia

Cafe adalah tempat yang selalu ramai dikunjungi oleh orang-orang untuk menikmati kopi atau makanan ringan. Bagi kamu yang ingin mendaftar sebagai pegawai di sebuah cafe, kamu perlu menulis surat lamaran kerja terlebih dahulu. Surat lamaran kerja adalah langkah pertama yang harus ditempuh untuk bisa diwawancara ke tahap selanjutnya. Berikut adalah tips untuk menulis surat lamaran kerja di cafe yang harus kamu perhatikan:

Pertama, Tulis Informasi Pribadi dengan Lengkap


Surat Lamaran Kerja Kepada Cafe

Sebelum menulis informasi pribadi, pastikan kamu mengetahui alamat dan nomor telepon cafe tersebut. Tulis informasi pribadi kamu dengan lengkap, seperti nama lengkap, alamat rumah, nomor telepon atau nomor HP, dan email. Kamu bisa menambahkan kode pos atau alamat lengkap dari tempat tinggal kamu. Selain itu, tambahkan juga photo diri yang formal dan berpenampilan rapi. Masukkan photo tersebut ke dalam surat lamaran kerja di cafe kamu. Hal ini bisa membuat pengelola cafe menjadi lebih percaya dengan calon pekerja.

Kedua, Tulis Pendidikan dan Pengalaman Kerja


Tulisan Pendidikan dan Pengalaman Kerja

Setelah menulis informasi pribadi, kamu perlu menuliskan pendidikan dan pengalaman kerja yang kamu miliki. Kamu bisa menuliskan pendidikan yang dianggap relevan dengan pekerjaan di cafe. Contoh, kamu bisa menuliskan pendidikan di jurusan Kuliner atau Jurusan Pariwisata. Selain itu, tuliskan juga pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan di cafe, seperti pengalaman barista, pelayan, koki atau pekerjaan lain yang pernah kamu lakukan.

Ketiga, Menjelaskan Keterampilan dan Kemampuan Kamu


tulis keahlian

Hampir semua tempat usaha ketika mencari pegawai, ingin mencari pegawai yang memiliki keterampilan, kerja keras, fleksibel, komunikatif, dan mudah bergaul. Ada baiknya kamu juga menuliskan kemampuan-kemampuan yang kamu miliki, setidaknya kamu menguasai tentang apa yang disajikan di cafe tersebut. Seperti membuat kopi, membuat roti, membuat kue, dan lain-lain. Selain itu, kamu juga bisa menuliskan keterampilan-keterampilan yang bisa kamu gunakan untuk menunjang pekerjaan di cafe seperti kemampuan menjaga kebersihan, kemampuan berkomunikasi dengan pengunjung, kemampuan bekerja sama dengan tim, atau kemampuan mengoperasikan mesin kopi yang modern.

Keempat, Sampaikan Motivasi yang Memotivasi


sampaikan motivasi

Salah satu hal penting yang harus disampaikan dalam surat lamaran kerja di cafe adalah motivasi. Kamu perlu menuliskan motivasi kamu mengapa memilih pekerjaan di cafe tersebut. Tuliskan alasannya dan apa yang kamu ketahui tentang cafe tersebut. Sampaikan juga bagaimana kamu bisa memberikan kontribusi positif bagi perkembangan cafe tersebut. Jangan lupa tuliskan kalimat penutup yang positif dan optimis. Hal ini bisa memotivasi pengelola cafe untuk merekrut kamu sebagai pegawai mereka.

Baca Juga :   REKRUTMEN TENAGA PENDAMPING LOKAL DESA (PLD) TAHUN 2022

Kelima, Periksa Kembali Surat Lamaran Kerja


Periksa Kembali Surat Lamaran Kerja

Jangan lupa untuk memeriksa kembali surat lamaran kerja kamu sebelum dikirim. Pastikan tidak ada kesalahan ketik atau kesalahan penulisan lainnya. Cek kembali format tulisan dan tata bahasa yang kamu gunakan. Sebisa mungkin pakailah bahasa yang formal dan sopan, walaupun kamu ingin memasukkan joke dalam surat lamaran kerja tersebut.

Demikian beberapa tips untuk menulis surat lamaran kerja di cafe dengan baik dan menarik. Semoga bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan di cafe. Semoga kamu bisa segera mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan.

Kesalahan Umum dalam Menulis Surat Lamaran Kerja di Cafe dan Cara Menghindarinya


kesalahan umum lamaran kerja di cafe

Mencari pekerjaan di café memang menjadi pilihan bagi beberapa orang. Namun, untuk mendapatkan pekerjaan tersebut, kamu harus membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Menulis surat lamaran kerja untuk café tidak sesederhana yang kamu bayangkan. Ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan saat menulis surat lamaran kerja di café. Oleh karena itu, kamu harus tahu bagaimana cara menghindari kesalahan umum tersebut supaya surat lamaran kerjamu menjadi lebih baik dan mendapatkan kepercayaan dari perusahaan.

cara menulis surat lamaran kerja di cafe

Tidak Mempelajari Profile Cafe dengan Baik

Melamar pekerjaan di café harus mempelajari profil café dengan baik. Berbagai jenis café menawarkan suasana yang berbeda. Kamu harus mencari dan mengumpulkan informasi tentang café yang sedang memberikan posisi kosong. Hal ini penting supaya kamu bisa menyesuaikan isi lamaran kerjamu dengan profil perusahaan. Banyak pelamar terlalu terburu-buru saat mengirimkan surat lamaran kerja, tanpa memeriksa profil café. Hal ini tentu akan menjadi bumerang jika kamu dihubungi perusahaan untuk wawancara kerja, namun kamu tidak tahu apa-apa tentang café tersebut. Agar terhindar dari kesalahan tersebut, pastikan kamu memahami profil café dan menyebutkan alasan mengapa kamu tertarik dengan café tersebut.

Tidak Menunjukkan Keahlian yang Dimiliki

Menunjukkan keahlian yang kamu miliki dapat meningkatkan peluangmu untuk diterima sebagai karyawan di café. Salah satu kesalahan dalam membuat surat lamaran kerja di café adalah tidak menunjukkan keahlian yang dimiliki. Misalnya, jika kamu memiliki keterampilan membuat kopi atau teh, kamu harus menuliskannya di surat lamaran kerjamu. Jangan takut untuk menunjukkan keahlian seperti berbicara Bahasa Inggris atau menarik minat pengunjung. Hal ini dapat menambah bobotmu saat diperiksa oleh HRD.

Tidak Merinci Pengalaman Kerja dengan Baik

Menuliskan pengalaman kerja yang kamu miliki di café, dapat membuktikan bahwa kamu memang sudah memahami apa yang akan dipilih di café. Banyak pelamar yang melakukan kesalahan dalam merinci pengalaman kerja mereka. Padahal, merinci pengalaman kerja di café itu penting, supaya perusahaan dapat mengetahui secara jelas tentang kompetensimu. Kamu harus memberikan penjelasan tentang posisi apa yang pernah kamu laksanakan dan apa saja hasil yang kamu capai ketika bekerja di café. Dengan begitu, HRD akan melihat pengalamanmu dan membantu kamu untuk meningkatkan peluangmu dalam mendapatkan pekerjaan di café.

Tidak Memperhatikan Tata Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Tata cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar sangat penting untuk mendapatkan perhatian HRD café. Kesalahan yang paling umum adalah tidak memperhatikan tata cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar. Surat lamaran kerja yang kotor dan tidak tertata baik, sangat tidak disukai oleh HRD. Apalagi jika terdapat kesalahan tata bahasa dan ejaan yang salah. Kamu harus berhati-hati dan menggunakan bahasa yang sopan dan tidak terkesan berlebihan. Pastikan surat lamaran kerjamu dapat dipahami dengan baik, sehingga memudahkan HRD perusahaan untuk memahami minat dan kemampuanmu.

Tidak Mencari Informasi Tentang Barangkali ada Posisi Kosong

Ini tentu menjadi hal yang fatal jika kamu melamar ke sebuah coffee shop padahal sudah tidak ada lowongan pekerjaan. Permintaan yang terus-menerus berkali-kali akan membuat kesan yang buruk. Oleh karena itu, kamu harus mencari informasi yang tepat tentang lowongan kerja untuk menghindari mengirimkan surat lamaran kerja yang berlebihan.

Nah, itulah beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan saat menulis surat lamaran kerja di café dan cara menghindarinya. Kamu harus mempersiapkan dirimu dengan baik sebelum menuliskan dan mengirimkan surat lamaran kerjamu. Dengan menerapkan cara-cara di atas, kamu akan meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan di café yang diinginkan.

Sampai Jumpa Lagi di Kesempatan Berikutnya!
Nah, itulah beberapa contoh surat lamaran kerja di cafe yang bisa kamu gunakan sebagai referensi ketika ingin mengajukan lamaran kerja di tempat yang menyajikan kopi favoritmu. Ingatlah untuk mencantumkan informasi diri dengan jelas, seperti pengalaman dan keterampilan yang dimiliki dalam membuat surat lamaran agar terlihat profesional dan menarik. Terima kasih telah membaca dan semoga berhasil dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Jangan lupa untuk selalu kunjungi website ini lagi untuk mendapatkan informasi mengenai dunia kerja yang terbaru!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar