Contoh Surat Lamaran Kerja di Cafe yang Ditulis Tangan

Jika kamu ingin bekerja di cafe sebagai pelayan atau barista, mulailah dengan menulis surat lamaran kerja secara manual atau tulis tangan. Meskipun sekarang ini sudah banyak surat lamaran yang dibuat menggunakan komputer, tetapi banyak pihak masih lebih menghargai surat lamaran yang ditulis dengan tangan. Tentunya kamu ingin memberikan kesan yang baik dan menarik perhatian pihak cafe yang kamu lamar. Di sini, kita akan memberikan contoh surat lamaran kerja di cafe tulis tangan yang bisa kamu gunakan sebagai panduan. Yuk, simak artikel ini lebih lanjut!

Persiapan Menulis Surat Lamaran Kerja di Cafe


Penulisan Surat Lamaran Kerja di Cafe

Cafe adalah salah satu tempat yang banyak diminati oleh masyarakat sebagai tempat bersantai, berkumpul dan berkumpul bersama teman atau keluarga. Maka dari itu banyak wirausaha yang membuka usaha cafe untuk menarik perhatian konsumen dengan fitur yang tersedia, baik itu makanan dan minuman yang beraneka ragam dan memiliki cita rasa yang khas. Tak hanya itu, peluang untuk bekerja di cafe pun terbuka lebar. Banyak pekerjaan yang bisa dijalankan di cafe seperti barista, pelayan, kasir, supervisor, dan lain sebagainya. Dalam melamar pekerjaan di cafe, tentu saja, anda membutuhkan surat lamaran kerja. Penulisan surat lamaran kerja di cafe adalah hal penting yang harus Anda persiapkan sebelum melamar pekerjaan. Apa saja yang perlu Anda persiapkan sebelum menulis surat lamaran kerja? Simak ulasan berikut ini.

1. Pahami Sebelum Melamar

Sebelum anda menulis surat lamaran kerja di cafe, maka sangat penting sekali bagi anda untuk mengetahui profil dan karakteristik dari cafe tersebut. Anda bisa mencari informasi tentang cafe melalui internet atau bisa bertanya langsung kepada teman-teman yang sudah bekerja di cafe tersebut. Dengan mengetahui profil dari cafe tersebut, anda bisa membuat surat lamaran dengan lebih tepat, yaitu menyesuaikan dengan visi dan misi dari perusahaan tersebut. Anda juga bisa mengetahui apakah cafe tersebut sudah memiliki standar kualitas yang baik, visi dan misi yang jelas serta peluang untuk karir yang terbuka lebar. Sehingga nantinya anda bisa mempersiapkan diri dulu sebelum menulis surat lamaran kerja di cafe.

2. Tentukan Apa Yang Ingin Ditulis

Setelah mengetahui profil dari cafe yang anda inginkan, maka langkah selanjutnya adalah menentukan apa yang ingin ditulis dalam surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja hendaknya disusun dengan sistematis dan jelas. Jangan membuat surat lamaran kerja yang terlalu panjang. Isi surat lamaran kerja harus mencakup pengenalan diri, niat dan motivasi dalam melamar ke cafe tersebut, pengalaman kerja sebelumnya, serta jangan lupa sertakan juga keahlian yang dimiliki, seperti pengalaman menjadi barista, pelayan, kasir, dan lain sebagainya. Surat lamaran kerja yang baik tentunya bisa menonjolkan kemampuan, keterampilan dan pengalaman kerja anda dengan sebaik mungkin.

3. Buat Rancangan Surat Lamaran Kerja

Sebelum mulai menulis surat lamaran kerja di cafe secara tangan, sebaiknya anda membuat rancangan terlebih dahulu. Rancangan ini berisi daftar informasi yang harus disertakan dalam surat lamaran kerja beserta urutannya. Untuk membuat rancangan surat lamaran kerja, anda dapat menuliskan poin-poin informasi yang akan disampaikan dan mengelompokkannya menjadi beberapa bagian. Setelah itu, sambungkan poin-poin tersebut secara mudah dipahami oleh penerima surat. Selain itu, pastikan juga penggunaan bahasa yang mudah dipahami, tidak bertele-tele, dan langsung kepada isi pembicaraan.

4. Perhatikan Tata Bahasa dan Ejaan

Tata bahasa dan ejaan tentunya sangat penting dalam membuat surat lamaran kerja. Pastikan tidak ada ejaan yang salah, dan tata bahasa yang menyeret. Dalam penulisan surat lamaran kerja di cafe, pastikan Anda menggunakan bahasa yang sopan dan jangan lupa untuk memperhatikan tata bahasa yang benar. Untuk memastikan bahwa ejaan dan tata bahasa yang anda berikan sudah benar, Anda dapat meminta bantuan teman atau kerabat untuk membacanya dan memberikan saran atau koreksi jika diperlukan. Bukannya terlihat jujur dan berkompeten, penulisan surat lamaran kerja yang buruk justru akan mempersulit peluang anda untuk diterima dan seringkali dipandang sebelah mata oleh pihak perusahaan.

5. Jangan Lupa Persyaratan Tambahan

Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja, selalu periksa kembali persyaratan apa saja yang dibutuhkan dan disertakan. Biasanya, cafe akan meminta untuk menyertakan selain surat lamaran kerja, curriculum vitae (CV), fotokopi KTP dan ijazah terakhir. Persyaratan tambahan bisa saja berbeda di setiap cafe yang ada. Pastikan bahwa anda mencatat persyaratan yang dibutuhkan dan membuat daftar semuanya, agar Anda tidak kehilangan satu pun dokumen yang dibutuhkan atau Anda tidak disamakan dengan pelamar yang tidak serius.

Dalam menulis surat lamaran kerja di cafe, hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah membuat surat lamaran yang mencerminkan minat, kemampuan dan pengalaman yang dimiliki. Dengan melakukan persiapan sebelum menulis surat lamaran kerja di cafe, Anda akan memperoleh pandangan yang lebih jelas dan terperinci tentang posisi yang ditawarkan sehingga Anda dapat menyesuaikan surat lamaran kerja dengan baik. Ingat, persiapan yang matang akan membuahkan hasil yang baik pula!

Baca Juga :   Mantan Direktur VOA Disahkan Menjadi Kepala Penyiaran Global AS

Struktur dan Isi yang Harus Ada dalam Surat Lamaran Kerja di Cafe


contoh surat lamaran kerja di cafe

Memiliki sebuah pekerjaan adalah suatu kebutuhan penting bagi setiap orang. Itulah sebabnya, banyak orang yang berlomba-lomba mencari pekerjaan dengan mencoba mengirimkan surat lamaran kerja ke berbagai instansi atau perusahaan. Tak terkecuali pada saat melamar kerja di cafe, Anda juga harus mempersiapkan surat lamaran yang baik dan tepat. Sebuah surat lamaran kerja di cafe yang baik tentunya memiliki struktur dan isi yang tepat, termasuk:

1. Kop Surat


kop surat

Sebuah surat lamaran kerja di cafe harus memiliki kop surat yang berisi informasi singkat tentang diri Anda. Kop surat ini harus berisi nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email Anda. Jangan lupa juga untuk menuliskan tanggal pengiriman surat ini.

2. Bagian Pembuka


gambar penutupan surat lamaran kerja

Bagian pembuka pada surat lamaran kerja di cafe bertujuan untuk memperkenalkan diri Anda kepada pihak perusahaan dan menunjukkan minat serta keinginan Anda untuk bergabung dengan tim mereka. Pada bagian ini, sebaiknya Anda menuliskan kemampuan dan karakteristik Anda yang dapat menjadi keuntungan bagi perusahaan, contohnya:

“Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan tim anda yang dinamis dan memiliki semangat kerja yang tinggi. Saya telah memperoleh pengalaman di bidang katering, terutama dalam membuat minuman dan menghidangkan makanan. Saya percaya bahwa kemampuan saya tersebut dapat menghasilkan kontribusi positif bagi perusahaan dan masyarakat.”

Usahakan untuk tidak menggunakan kalimat yang terlalu umum, cukup fokus pada keterampilan dan pengalaman Anda yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut.

3. Bagian Tengah


contoh sambungan paragraf lamaran kerja

Bagian tengah merupakan bagian yang paling penting dari surat lamaran kerja di cafe. Pada bagian ini, Anda perlu menjelaskan mengapa Anda memilih untuk melamar di perusahaan tersebut, dan juga menjelaskan kualifikasi serta pengalaman yang dimiliki dengan lebih jelas dan detail. Pastikan Anda menulis keterampilan yang berkaitan dengan pekerjaan di cafe, seperti kemampuan menghidangkan minuman atau membuat cemilan. Berikut beberapa contoh kalimat untuk bagian tengah surat lamaran kerja di cafe:

  • “Saya tertarik dengan perusahaan ini karena reputasinya yang baik dalam memberikan pelayanan terbaik pada pelanggannya. Saya merasa hal tersebut sesuai dengan prinsip kerja saya yaitu memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan.”
  • “Saya memiliki pengalaman sebagai barista selama 2 tahun di kafe terkenal di kota ini. Selama bekerja di sana, saya telah mengembangkan kemampuan saya dalam menghidangkan kopi dan minuman dingin. Saya sangat menyukai pekerjaan di bidang cafe sehingga saya ingin mengembangkan keterampilan saya lebih jauh di perusahaan ini.”

4. Bagian Penutup


gambar penutupan surat lamaran kerja

Bagian penutup pada surat lamaran kerja di cafe harus berisi kalimat penutup yang sopan serta sikap positif Anda terhadap perusahaan tersebut. Jangan lupa unutk mengucapkan terima kasih kepada pihak perusahaan yang telah mempertimbangkan lamaran Anda. Berikut adalah contoh kalimat untuk bagian penutup:

  • “Saya sangat senang apabila diberikan kesempatan untuk memiliki wawancara dengan perusahaan. Terima kasih atas perhatian Anda. Saya sungguh berharap untuk menjadi bagian dari tim terbaik perusahaan.”
  • “Saya sangat terbuka untuk mendiskusikan potensi kerja sama lebih lanjut. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan. Saya berharap dapat bergabung dengan perusahaan Anda dengan segera.”

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja di cafe. Jangan lupa untuk menulis dengan jelas, rapi, dan sopan. Selamat mencoba dan semoga sukses !

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja di Cafe dengan Tulisan Tangan yang Rapi dan Menarik


Contoh Surat Lamaran Kerja di Cafe Tulis Tangan

Mencari pekerjaan di bidang kuliner memang menjadi pilihan banyak orang. Selain dapat memperoleh pengalaman di bidang kuliner, juga dapat menambah penghasilan. Jika suatu waktu anda berminat untuk melamar pekerjaan di cafe, maka surat lamaran kerja merupakan salah satu persyaratan yang harus disiapkan.

Sebelum itu, tahukah Anda bahwa cara menulis surat lamaran kerja dengan tangan dan rapi masih menjadi keterampilan penting yang perlu dikuasai? Pembukaan surat dan kalimat penutup yang baik dan benar bisa menjadi faktor utama yang menentukan apakah lamaran kerja Anda akan diterima atau tidak.

Tulisan Tangan yang Bagus

1. Gunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Berbagai perusahaan pasti mengharapkan calon pekerja yang memiliki kemampuan menyusun kalimat dengan baik dan benar. Oleh karena itu, gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam surat lamaran kerja yang Anda tulis. Perhatikan ejaan dan tata bahasa dalam penulisan surat lamaran Anda.

Ini bertujuan agar pemilik cafe tidak salah paham dan dapat menyimpulkan informasi dengan jelas. Kemampuan menulis dengan baik adalah hal yang wajib dimiliki oleh seorang pekerja di cafe, sehingga Anda pun harus memperlihatkan kemampuan tersebut di dalam surat lamaran Anda.

Tulisan Tangan yang Rapi

2. Tulis dengan Rapi dan Teratur

Cara menulis surat lamaran kerja dengan tangan bisa menjadi nilai tambah dan dapat membuat pemilik cafe terkesan dengan surat lamaran yang Anda buat. Saat menulis surat lamaran kerja, usahakan untuk menghindari coretan atau tulisan yang berantakan.

Hal ini dapat mengurangi kesan profesionalisme Anda di mata pemilik cafe. Sebaliknya, tunjukkan kemampuan menulis tangan yang bagus dan tampilan tulisan yang rapi dan teratur.

Baca Juga :   Sudah Jadi Tren, Dewi Sandra Tetap Cermat Belanja Daring

Anda dapat melakukan beberapa kali pengecekan saat menulis surat lamaran kerja untuk memastikan bahwa tulisan Anda sudah rapi dan mudah dibaca. Buat tulisan dengan ukuran yang cukup besar agar mudah dibaca.

3. Sesuaikan Konten Lamaran Kerja dengan Job Description

Job Description di Cafe

Tips yang terakhir, sesuaikan konten surat lamaran kerja dengan job description dari pekerjaan yang akan Anda lamar. Job description dapat memberi Anda gambaran tentang tugas dan tanggung jawab yang akan Anda jalankan kalau diterima di cafe tersebut.

Tugas utama di dalam cafe biasanya meliputi pelayanan tamu, penjualan, kebersihan dan pemeliharaan area, serta koordinasi dengan rekan kerja. Anda harus memahami deskripsi pekerjaan ini dan menuliskan keterampilan ataupun pengalaman yang relevan dengan deskripsi pekerjaan tersebut.

Selain itu, jangan lupa agar secara spesifik menuliskan alasan Anda ingin melamar di cafe tersebut.yang dapat meyakinkan pemilik cafe akan anda yang dibutuhkan. Hindari pernyataan yang kurang jelas seperti “saya sangat tertarik pada posisi ini” karena hal tersebut terlalu umum, dan banyak orang dapat menggunakannya dalam surat lamarannya.

Berikut tiga tips menulis surat lamaran kerja di cafe dengan tulisan tangan yang rapi dan menarik. Semoga bermanfaat untuk Anda yang saat ini sedang mencari pekerjaan di cafe.

Kesalahan Umum yang Harus Dihindari saat Menulis Surat Lamaran Kerja di Cafe


menulis surat lamaran kerja di cafe

Mencari pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi dan minat memang tidaklah mudah. Terutama untuk pekerjaan yang menjadi target sejumlah orang, seperti di industri kafe. Banyak pencari kerja termasuk para fresh graduate yang ingin memulai karir di industri yang terus tumbuh dan berkembang pesat ini. Oleh sebab itu, dalam menulis surat lamaran kerja di cafe, Anda harus memperhatikan beberapa kesalahan umum yang perlu dihindari agar surat lamaran Anda dapat diterima oleh perusahaan. Berikut ini akan dijelaskan secara lebih detail tentang kesalahan umum yang harus dihindari saat menulis surat lamaran kerja di cafe:

1. Tidak Menyesuaikan Surat Lamaran dengan Posisi yang Dilamar

menyesuaikan surat lamaran dengan posisi

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mengenai isi surat lamaran. Pastikan bahwa isi surat lamaran Anda sesuai dengan posisi yang coba Anda lamar. Jangan hanya menyalin-paste surat lamaran yang sama untuk beberapa posisi yang Anda lamar. Buat surat lamaran yang benar-benar sesuai dengan posisi yang Anda ingin lamar dengan mendapatkan informasi tentang pekerjaan yang dilamar. Informasi tersebut dapat ditemukan di website perusahaan atau informasi yang diminta dalam iklan lowongan kerja.

2. Kesalahan Ejaan dan Tata Bahasa

kesalahan ejaan

Kesalahan ejaan dan tata bahasa dapat membawa dampak negatif terhadap citra diri Anda. Hal ini tentu dapat membuat surat lamaran kerja tidak profesional dan cenderung tidak dapat diandalkan. Jadi, pastikan Anda mengecek ulang tata bahasa dan ejaan dalam surat lamaran sebelum mengirimkannya ke perusahaan. Periksa tata bahasa dan ejaan juga mampu membuat surat lamaran Anda terlihat lebih rapi dan teratur.

3. Menggunakan Surat Lamaran yang Tidak Formal

surat lamaran kerja

Selain hal-hal yang disebutkan sebelumnya, surat lamaran kerja haruslah formal dan serius. Hindari penggunaan kata singkat dan bahasa santai seperti ketika Anda menulis surat kepada teman, keluarga, atau kenalan dekat. Sebagai gantinya, gunakan bahasa yang sopan dan berorientasi kepada bisnis agar perusahaan dapat merasa Anda serius dan menghargai kesempatan yang diberikan kepada Anda.

4. Tidak Memberikan Informasi yang Relevan

menulis informasi yang relevan

Urusan yang satu ini memang terkadang dapat membuat para pencari kerja kebingungan mengenai apa saja yang perlu dijamin dalam surat lamaran kerja. Ada beberapa informasi yang biasanya ditanyakan di dalam surat lamaran kerja seperti pengalaman kerja, pendidikan, motivasi diri, dan lain sebagainya. Namun, di sisi lain, tidak semua informasi tersebut harus disebutkan. Pastikan bahwa informasi yang Anda informasikan terkait dengan posisi yang dilamar dan bisa dituduhkan sebagai nilai plus bagi perusahaan. Selalu periksa apakah informasi yang Anda sebutkan dalam surat lamaran kerja menunjukkan kualifikasi, kemampuan, dan kemampuan Anda untuk menjalankan pekerjaan yang Anda sebutkan.

5. Tidak Menunjukkan Keunikan Diri

keunikan dalam menulis surat lamaran kerja

Surat lamaran pekerjaan harus menunjukkan keunikan diri Anda. Selain menjelaskan kualifikasi, kemampuan, dan pekerjaan Anda sebelumnya, pastikan bahwa Anda menunjukkan kemampuan Anda yang membedakan Anda dengan pelamar lainnya. Fokus pada keunikan Anda dan hal-hal yang mungkin tidak ada pada pelamar lainnya.

Kesimpulan

Menjadi seorang karyawan kafe mungkin terdengar mudah, namun Anda membutuhkan strategi percaya diri agar dapat bersaing dengan pelamar lainnya. Dalam menulis surat lamaran kerja di cafe, Anda harus memastikan sejumlah kesalahan umum yang perlu dihindari sehingga bisa meningkatkan peluang Anda diterima oleh perusahaan. Dalam mengirim surat lamaran kerja ke sebuah perusahaan, pastikan bahwa surat lamaran Anda selalu ditulis dan dikirim dalam format yang tepat, baik pilihan kata, ejaan, sintaksis, maupun tata bahasa. Sebagai calon karyawan, Anda harus memastikan bahwa surat lamaran yang dikirimkan mengarah kepada posisi yang dituju serta menggambarkan kemampuan, kualifikasi, dan keunikannya. Selamat mencoba!.

Sampai Jumpa Lagi di Artikel Selanjutnya

Nah, demikian contoh surat lamaran kerja di cafe tulis tangan yang bisa kamu gunakan sebagai referensi. Jangan lupa untuk membuat surat lamaran yang jujur dan detail ya, kesuksesanmu tergantung di situ. Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat untuk kamu. Jangan lupa mampir lagi di situs kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Sampai jumpa!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar