Contoh Surat Lamaran Kerja di Cafe Sebagai Barista

Halo teman-teman! Saat ini, cafe menjadi salah satu tempat yang digandrungi oleh banyak orang untuk menghabiskan waktu. Tak hanya untuk sekadar nongkrong, cafe juga menyediakan berbagai jenis minuman yang membuat kita betah berlama-lama di sana. Nah, bagi kalian yang suka dengan dunia kopi atau ingin mencoba profesi sebagai barista, contoh surat lamaran kerja di cafe sebagai barista bisa membantu kalian meraih mimpimu. Yuk, simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Pengenalan Pekerjaan Barista di Cafe


Barista Cafe Indonesia

Barista adalah istilah untuk seseorang yang ahli dalam membuat kopi, termasuk dalam menyajikan berbagai macam varian kopi dengan teknik tertentu. Di Indonesia, pekerjaan sebagai barista semakin banyak diminati oleh para pencari kerja. Banyaknya cafe yang bermunculan di setiap sudut kota, menjadi salah satu faktor yang membuat minat dalam pekerjaan ini semakin meningkat.

Di cafe, barista mempunyai peran yang sangat penting dalam menyiapkan pesanan kopi untuk para pelanggan. Seperti, membuat kopi dengan teknik brewing yang tepat, memilih biji kopi berkualitas, hingga mengawasi suhu dan waktu dalam meracik kopi.

Seorang barista harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai kopi, mulai dari sejarah kopi, jenis-jenis kopi, cara menyimpan dan merawat biji kopi, hingga teknik peracikan kopi. Untuk bisa menjadi seorang barista, dibutuhkan dedikasi, passion, kreativitas, dan kemampuan yang baik dalam menggunakan mesin-mesin kopi.

Tak hanya itu, seorang barista juga harus memiliki kemampuan dalam melakukan tata letak kafe, dekorasi, hingga cara melayani pelanggan dengan baik dan sopan. Karena, di samping koneksi rasa dari sebuah kopi, kenyamanan dan suasana hati juga berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah kafe.

Bagi Anda yang tertarik untuk berkarir sebagai barista di cafe, sebaiknya memperhatikan hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum melamar pekerjaan. Beberapa persiapan yang bisa dilakukan adalah:

  1. Mempelajari dasar-dasar membuat kopi
  2. Sebelum memutuskan untuk menjadi barista di cafe, sebaiknya Anda mengetahui dasar-dasar dalam membuat kopi. Mulai dari proses pembuatan kopi, teknik peracikan kopi, hingga cara menyajikan kopi yang baik dan enak. Dengan memahami dasar-dasar tersebut, akan memudahkan Anda dalam belajar lebih lanjut mengenai seni peracikan kopi.

  3. Meningkatkan kreativitas dalam membuat kopi
  4. Untuk bisa menjadi barista yang handal, Anda harus memiliki kreativitas dan kemampuan untuk menciptakan varian kopi yang berbeda dari yang sudah ada. Beberapa cafe mungkin akan memilih barista berdasarkan kemampuan kreatifitas dalam membuat kopi.

  5. Mempelajari teknologi mesin kopi
  6. Seiring berkembangnya zaman, mesin kopi semakin canggih dan memudahkan para barista dalam membuat kopi. Oleh karena itu, seorang barista harus memahami teknologi mesin kopi dan mampu mengoperasikan mesin kopi dengan baik.

  7. Bergabung dalam komunitas kopi
  8. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai pengolahan kopi, Anda bisa bergabung dalam komunitas kopi. Komunitas kopi merupakan tempat berkumpulnya para pecinta kopi yang aktif mengadakan pertemuan, seminar, dan workshop terkait kopi.

  9. Memasukkan keterampilan lain di lamaran kerja
  10. Meskipun pekerjaan barista lebih fokus pada membuat kopi, namun keterampilan tambahan lainnya seperti menguasai bahasa asing dan komputer bisa membuat Anda lebih unggul dibandingkan pesaing lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya memasukkan keterampilan lain pada lamaran kerja.

Dengan memiliki persiapan dan keterampilan yang baik, Anda dapat mempersiapkan diri untuk melamar pekerjaan sebagai barista di cafe favorit Anda. Berkarir sebagai barista bisa menjadi langkah awal bagi Anda untuk mengejar karir di bidang kopi yang lebih luas.

Kompetensi dan Kualifikasi yang Dibutuhkan


barista cafe Indonesia

Jika Anda ingin melamar pekerjaan sebagai barista di café, maka ada beberapa kompetensi dan kualifikasi yang harus dimiliki. Sebagai seorang barista, Anda harus memiliki pengetahuan lebih pada cara membuat kopi yang nikmat sehingga menarik minat pelanggan untuk datang kembali.

Berikut ini adalah beberapa kompetensi dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan sebagai barista di café:

Kompetensi dasar

barista kompetensi

Sebelum Anda mengajukan surat lamaran kerja sebagai barista di café, Anda perlu memahami kompetensi dasar yang harus dimiliki. Kompetensi dasar tersebut antara lain:

  • Memiliki pengetahuan dan skill dalam hal membuat kopi dengan sempurna
  • Membuat seni latte dan peralatan kafe lainnya dengan baik
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  • Menjaga kebersihan area kerja dan peralatan kafe
  • Memiliki kemampuan multitasking dalam tugas-tugas sehari-hari
Baca Juga :   Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

Kualifikasi pendidikan dan pengalaman

barista qualifications

Untuk melamar sebagai barista di café, kualifikasi pendidikan dan pengalaman kerja bisa menjadi poin penting. Berikut beberapa kualifikasi pendidikan dan pengalaman yang tertulis di dalam persyaratan pekerjaan sebagai barista di café:

Pendidikan

Beberapa kafe mungkin memerlukan karyawan yang telah lulus SMA atau memiliki sertifikat pendidikan atau pelatihan khusus untuk pembuatan kopi. Beberapa barista bahkan mempunyai lisensi yang diberikan oleh Barista Guild of America.

Pengalaman kerja

Pengalaman kerja di industri perhotelan atau kafe dapat menjadi nilai tambah. Beberapa kafe mungkin memerlukan barista dengan pengalaman kerja yang lebih lama, sementara yang lainnya bisa memenuhi syarat dengan pengalaman kerja yang minimal.

Pengalaman di bidang kopi

barista kopi Indonesia

Banyak barista yang merasa lebih percaya diri dan nyaman dengan pengalaman di dunia pembuatan kopi. Kadang-kadang di beberapa kafe pun memilih calon yang lebih memiliki pengalaman di bidang kopi. Jika Anda memiliki sertifikat atau pengalaman dalam bidang kopi, itu bisa menjadi kelebihan tersendiri dalam berkompetisi di antara pelamar lainnya.

Keuletan dan inovasi

barista keuletan

Barista harus memiliki kemampuan dan keahlian dalam membuat kopi dengan cara inovatif. Seorang barista yang baik harus bisa memikirkan kreasi kopi yang dapat menarik pelanggan dan membuat mereka mengembangkan rasa kepercayaan pada lembaga tempat Anda bekerja. Jangan ragu untuk mengembangkan ide-ide, sehingga Anda bisa merebut hati pelanggan dan membuat mereka selalu datang untuk memesan kopi.

Keahlian dalam mengoperasikan mesin kopi

mesin kopi

Kemampuan dalam mengoperasikan mesin kopi juga menjadi syarat yang penting. Seorang barista harus mengetahui cara mengoperasikan mesin dan mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk menciptakan kopi yang sempurna. Sebagai contoh, barista dapat menyesuaikan atau mengubah suhu dan tekanan mesin untuk memperoleh hasil yang diinginkan.

Keahlian dalam keramahan

barista keramahan

Tidak hanya piawai dalam pembuatan kopi dan pengoperasian peralatan kafe, barista juga harus memiliki kemampuan dalam melayani pelanggan. Selain itu, barista harus ramah, sarat dengan sopan santun, dan menjunjung tinggi nilai hospitality. Semua skill ini akan membantu meningkatkan pengalaman pelanggan, dan meningkatkan penjualan di kafe Anda.

Itulah kompetensi dan kualifikasi yang harus dimiliki oleh barista. Jadi, jika Anda ingin menjadi barista, pastikan untuk mempelajarinya secara serius agar bisa berkompetisi di antara pelamar cafe lainnya. Good luck!

Struktur dan Isi Surat Lamaran Kerja di Cafe sebagai Barista


coffeeshop Indonesia

Mencari pekerjaan yang memang sesuai dengan keinginan dan kemampuan tidaklah mudah. Terlebih lagi jika ingin bekerja di cafe sebagai barista. Cafe menjadi salah satu tempat yang banyak diminati di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, semakin tingginya minat masyarakat terhadap cafe, membuat persaingan antar pelamar untuk menjadi barista di cafe semakin ketat. Salah satu cara supaya bisa memenangkan persaingan tersebut adalah dengan membuat surat lamaran kerja yang baik dan menarik perhatian. Berikut adalah beberapa tips mengenai struktur dan isi surat lamaran kerja di cafe sebagai barista.

Struktur surat lamaran

Struktur Surat Lamaran Kerja di Cafe sebagai Barista
Seperti halnya surat lamaran pekerjaan lainnya, surat lamaran kerja di cafe sebagai barista juga harus memenuhi struktur yang jelas. Terdapat tiga bagian utama yang harus terdapat pada surat lamaran kerja, yaitu bagian pembuka, bagian isi, dan bagian penutup. Dalam bagian pembuka, terdapat identitas diri, tujuan, dan kelebihan yang dimiliki. Sedangkan dalam bagian isi, berisi tentang pengalaman kerja, rincian kemampuan, dan alasan ingin bekerja di cafe. Terakhir, dalam bagian penutup, berisi tentang harapan, terima kasih, dan salam penutup. Selain itu, gunakan bahasa yang formal dan jangan lupa mencantumkan identitas diri dan kontak yang bisa dihubungi.

Tips menulis surat lamaran kerja

Isi Surat Lamaran Kerja di Cafe sebagai Barista
Isi surat lamaran kerja di cafe sebagai barista terbilang sangat penting karena menjadi batu loncatan untuk lolos ke tahap seleksi berikutnya. Terdapat beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membuat isi surat lamaran yang baik dan menarik perhatian, yaitu:

1. Jangan terlalu bertele-tele
Sampaikan poin penting secara singkat dan padat. Pastikan semuanya terdengar jelas dan mudah dimengerti oleh pembaca. Apabila isi surat terlalu panjang dan bertele-tele, petugas HRD mungkin akan merasa bosan dan mengabaikannya.

2. Jabarkan pengalaman kerja sebelumnya
Hal yang perlu ditekankan saat membuat surat lamaran kerja di cafe sebagai barista adalah pengalaman kerja sebelumnya. Sebab, ini menjadi modal utama ketika hendak melamar kerja. Jangan ragu untuk menuliskan pengalaman kerja yang relevan dan jika memungkinkan, dilengkapi dengan referensi dari tempat kerja sebelumnya. Ini bisa menambah nilai bagi Anda.

3. Tentukan kelebihan yang Anda miliki
Adanya kelebihan yang dimiliki oleh seorang pelamar juga sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Seorang barista yang handal, ramah, jujur, dan kreatif adalah beberapa hal yang dicari oleh perusahaan cafe. Oleh sebab itu, perlu ditentukan kelebihan apa yang dapat membedakan diri Anda dengan pelamar kerja lainnya. Kelebihan tersebut bisa berupa hard skills, seperti kemampuan latte art atau soft skills, seperti keceriaan, keramahan, dan komunikasi yang baik.

Baca Juga :   Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Part Time yang Efektif

4. Sebutkan alasan ingin bekerja di cafe
Alasan ingin berkarir di cafe sebagai barista juga perlu ditekankan di dalam surat lamaran. Bisa disebabkan satu atau dua hal, misalnya minat yang besar untuk belajar tentang kopinya atau ingin mengembangkan kemampuan sebagai barista. Alangkah baiknya, sebutkan alasan yang spesifik dan terkait dengan perusahaan tempat Anda melamar.

5. Sampaikan harapan dan salam penutup
Sampaikan harapan dan ungkapan terima kasih pada perusahaan, sekaligus lingkupkan surat lamaran tersebut dengan salam penutup. Cobalah untuk membuat salam penutup yang cukup friendly dan menggambarkan sifat diri Anda sebagai orang yang ramah, misalnya “Salam hangat” atau “Salam kopi”.

Demikianlah beberapa tips tentang struktur dan isi surat lamaran kerja di cafe sebagai barista. Apabila Anda telah mengikuti tips-tips tersebut dengan baik, maka surat lamaran kerja yang Anda buat akan menjadi surat lamaran yang menarik dan dapat membuat peluang Anda untuk mendapatkan kerja di cafe menjadi lebih besar.

Tips Menulis Surat Lamaran yang Menarik untuk Barista di Cafe


surat lamaran kerja barista di cafe

Jika Anda berminat untuk mendapatkan pekerjaan sebagai barista di cafe di Indonesia, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menulis surat lamaran kerja. Pertama-tama, pastikan bahwa surat lamaran Anda menonjol di antara ratusan atau bahkan ribuan surat lamaran lainnya. Yang kedua, Anda harus menunjukkan bahwa Anda merupakan kandidat yang paling sesuai untuk posisi tersebut. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menulis surat lamaran kerja yang menarik sebagai barista di cafe:

Buat Rangkaian Kata-kata yang Menarik

Anda harus memulai surat lamaran Anda dengan kalimat yang menarik dan memikat perhatian recruiter. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan kalimat pembuka yang menarik. Buat recruiter tertarik untuk membaca lebih lanjut tentang diri Anda dan mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut. Sebagai contoh, Anda bisa memulai dengan kalimat seperti: “Saya tertarik dengan posisi barista ini di cafe Anda, saya memiliki pengalaman kerja yang cukup dan keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses di dalamnya.”

Sertakan Informasi yang Relevan

Jangan lupa untuk menyertakan informasi yang relevan dengan posisi barista cafe yang sedang dilamar. Jika Anda memiliki pengalaman sebelumnya sebagai barista, sebutkan detailnya seperti di mana Anda bekerja, durasi kerja, dan tanggung jawab Anda sebagai barista. Jika Anda pernah mengambil sertifikasi barista, sebutkan juga. Memiliki sertifikasi akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi Anda. Selain itu, jangan lupa juga menyertakan informasi pribadi seperti alamat lengkap, nomor telepon, dan alamat email yang efisien dan mudah dihubungi.

Sampaikan Motivasi Anda

Berikan alasan dan motivasi kenapa Anda ingin bekerja sebagai barista di cafe. Tunjukkan bahwa Anda sangat tertarik dengan posisi tersebut dan menjelaskan tujuan jangka panjang Anda. Ceritakan juga bagaimana Anda menemukan passion di bidang kopi dan bagaimana passion ini telah membawa Anda ini ke posisi untuk mencari pekerjaan yang Anda inginkan sekarang.

Jangan Terjemahkan CV Anda

Surat lamaran kerja Anda bukan sekadar terjemahan dari CV Anda. Hindari mengulangi informasi dalam CV Anda dan cobalah untuk memiliki sisi kreatif dalam surat lamaran kerja Anda. Sampaikan motifasi Anda mengapa ingin bekerja di perusahaan tersebut dengan bahasa yang menarik dan mengundang yang berbeda dengan CV Anda.

Jangan Lupa Tentang EYD

Terakhir, jangan lupa mengenai tata bahasa dan ejaan yang benar dalam bahasa Indonesia. Pastikan tidak ada kesalahan tata bahasa dan ejaan yang bisa membuat recruiter meragukan kemampuan Anda. Jika Anda berbicara dengan bahasa daerah Anda bisa mengunakannya, tetapi patut diingat bahawa penggunaan kata-kata dalam situasi pekerjaan haruslah standar bahasa nasional Indonesia.

Dalam membuat surat lamaran kerja, terkadang sulit untuk membuatnya yang ideal dan menarik. Cobalah untuk menjadi unik dan berbeda dalam membuat surat lamaran kerja, selain Itu, yang terpenting adalah memastikan bahwa pengajuan surat lamaran kerja telah mencakup semua persyaratan dan kebutuhan yang diperlukan oleh perusahaan tersebut. Ingat, menampilkan kreativitas dalam bentuk yang tepat dapat memberi keuntungan dalam penampilan Anda.

Sekarang kamu sudah tahu nih contoh surat lamaran kerja sebagai barista di cafe. Semoga bisa membantumu dalam menulis surat lamaran kerja ya. Jangan lupa kreatif dan tampilkan keunikanmu dalam surat lamaran kerjamu. Terima kasih sudah membaca dan jangan lupa mampir lagi di sini untuk informasi menarik lainnya. Sampai jumpa!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar