Contoh Surat Lamaran Kerja dan Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan yang Efektif dan Profesional

Saat mencari pekerjaan, salah satu dokumen penting yang harus dipersiapkan adalah surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup. Untuk membuat kedua dokumen tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah menuliskannya secara tangan. Meskipun terkesan lebih rumit dibandingkan dengan mengetik, namun menulis tangan bisa memberikan kesan personal dan membuat surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup Anda lebih berkesan. Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup tulis tangan yang dapat Anda jadikan sebagai referensi.

Kelebihan Membuat Surat Lamaran Kerja dan Daftar Riwayat Hidup dengan Tulisan Tangan


Tulisan Tangan Surat Lamaran

Di era digital seperti saat ini, kebanyakan orang lebih sering membuat surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup dengan cara digital. Namun, ternyata membuat surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup dengan tulisan tangan juga memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh cara digital. Berikut adalah beberapa kelebihan membuat surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup dengan tulisan tangan:

1. Mencerminkan Sikap dan Kepribadian

Gambar Kepribadian

Membuat surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup dengan tulisan tangan dapat mencerminkan sikap dan kepribadian seseorang. Dari tulisan seseorang, pihak perusahaan dapat menilai karakter seseorang seperti apakah ia teliti, rapi, dan konsisten serta melihat keaslian tulisan tangan tersebut. Selain itu, surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup yang ditulis dengan tangan juga menunjukkan bahwa seseorang cukup serius dan berdedikasi dalam mencari pekerjaan.

2. Dapat Menunjukkan Keterampilan dan Kreativitas

Gambar Kreativitas

Tulisan tangan seseorang dapat menunjukkan keterampilan dan kreativitas seseorang dalam membuat surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup. Dalam surat lamaran kerja, seseorang dapat menambahkan tulisan tangan yang unik dan menarik untuk menarik perhatian pihak perusahaan. Selain itu, dalam daftar riwayat hidup, seseorang dapat memberikan sentuhan personal dengan membuat tulisan tangan yang menampilkan keterampilan atau prestasi yang dimilikinya.

3. Menunjukkan Keautentikan Dokumen

Keautentikan

Surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup yang dibuat dengan tulisan tangan memperlihatkan keautentikan dokumen tersebut. Karena tulisan tangan sulit untuk ditiru, maka pihak perusahaan lebih mudah mengetahui bahwa surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup tersebut berasal dari kandidat yang asli dan bukan hasil plagiasi. Ini adalah salah satu keuntungan utama dari menggunakan tulisan tangan sebagai cara membuat surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup.

4. Menjadi Bukti Kemampuan Komunikasi

Bukti Kemampuan Komunikasi

Membuat surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup dengan tulisan tangan juga dapat menjadi bukti kemampuan komunikasi seseorang. Saat seseorang menulis surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup, ia harus menulis dengan jelas dan mudah dipahami. Oleh karena itu, pihak perusahaan dapat melihat kemampuan komunikasi seseorang dari tulisan tangannya. Kemampuan komunikasi yang baik sangat penting dalam lingkungan kerja yang sering melibatkan interaksi dengan banyak orang baik internal maupun eksternal perusahaan.

5. Memperlihatkan Tingkat Disiplin

Tingkat Disiplin

Membuat surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup dengan tulisan tangan dapat menunjukkan tingkat disiplin seseorang. Karena untuk menulis dengan baik dan rapi dibutuhkan ketelitian dan kesabaran, sehingga menunjukkan bahwa seseorang cukup disiplin dalam melakukan tugasnya. Tingkat disiplin yang baik sangat penting dalam dunia kerja, karena akan mempengaruhi efektifitas dan efisiensi dalam menjalankan tugas-tugas yang diemban.

Meskipun dalam meningkatkan efisiensi dan praktisitas, membuat surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup dengan cara digital memiliki beberapa kelebihan seperti menghemat waktu dan biaya. Namun, membuat surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup dengan tulisan tangan tetap memiliki banyak kelebihan seperti yang telah disebutkan di atas, terutama dalam menunjukkan sikap, kepribadian, keterampilan, kemampuan komunikasi, dan disiplin seseorang. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tetap mempertimbangkan cara penyusunan dokumen melalui tulisan tangan.

Baca Juga :   Bupati Bengkalis Kasmarni bagi Tips jadi Pemimpin Perempuan, Pentingnya Dukungan Keluarga

Contoh Format Surat Lamaran Kerja dan Daftar Riwayat Hidup yang Tepat


surat lamaran kerja tulis tangan

Ketika ingin melamar kerja, surat lamaran dan daftar riwayat hidup (CV) menjadi dokumen yang sangat penting. Surat lamaran kerja merupakan surat resmi yang berisi permohonan untuk bekerja dalam suatu perusahaan atau institusi. Sedangkan daftar riwayat hidup adalah ringkasan keahlian, pengalaman, dan kualifikasi seseorang untuk melamar pekerjaan.

Untuk membantu kalian dalam membuat surat lamaran dan daftar riwayat hidup, berikut adalah beberapa contoh format yang tepat:

Contoh Format Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan

Bagi yang masih belum mahir dalam menggunakan komputer, membuat surat lamaran tulis tangan bisa menjadi alternatif. Surat lamaran kerja tulis tangan harus memiliki susunan yang rapi dan mudah dibaca. Berikut adalah contoh format surat lamaran kerja tulis tangan yang tepat:

[Tanggal] [Bulan] [Tahun]

[Alamat lengkap penerima surat]

Yth. [Nama lengkap penerima surat]

[Jabatan di perusahaan]

[Nama perusahaan]

[Alamat lengkap perusahaan]

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap : [Nama lengkap pelamar]

Tempat/Tanggal Lahir : [Tempat/Tanggal lahir pelamar]

Alamat : [Alamat lengkap pelamar]

Dengan ini mengajukan permohonan untuk dapat bekerja di [Nama perusahaan] yang Bapak/Ibu pimpin dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

  1. Posisi yang dilamar: [Posisi yang dilamar]
  2. Minimal pendidikan: [Pendidikan minimal yang dibutuhkan untuk posisi tersebut]
  3. Pengalaman kerja: [Pengalaman kerja jika dibutuhkan]
  4. Alasan melamar: [Alasan yang membuat pelamar tertarik dengan posisi dan perusahaan tersebut]

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan daftar riwayat hidup saya. Saya sangat berharap Bapak/Ibu dapat memberikan kesempatan untuk melakukan wawancara pada waktu yang nyaman agar saya dapat memaparkan kualitas dan potensi yang ada pada diri saya.

Demikian permohonan ini saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian dan waktu yang telah diberikan.

Hormat saya,

[Nama lengkap pelamar]

Contoh Format Daftar Riwayat Hidup

contoh CV tulis tangan

Berikut adalah contoh format daftar riwayat hidup yang tepat:

[Nama lengkap Pelamar]

[Alamat lengkap]

[Nomor Telepon]

[Email]

Pendidikan

[Tingkat Pendidikan] [Nama Sekolah/Universitas] [Jurusan] [Tahun Masuk-Tahun Lulus]

Pengalaman Kerja

  1. [Nama Perusahaan] [Posisi] [Tahun Mulai-Tahun Selesai]
  2. [Nama Perusahaan] [Posisi] [Tahun Mulai-Tahun Selesai]
  3. [Nama Perusahaan] [Posisi] [Tahun Mulai-Tahun Selesai]

Keterampilan

  • [Keterampilan 1]
  • [Keterampilan 2]
  • [Keterampilan 3]
  • [Keterampilan 4]

Prestasi

  • [Prestasi 1]
  • [Prestasi 2]
  • [Prestasi 3]

Demikianlah daftar riwayat hidup saya yang dapat menjadi pertimbangan Bapak/Ibu dalam mempertimbangkan pelamar yang akan mengisi posisi di perusahaan. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu dan saya siap menghadapi tahap selanjutnya seperti wawancara kerja bila dibutuhkan.

Hormat saya,

[Nama lengkap pelamar]

Menyusun Surat Lamaran Kerja dan Daftar Riwayat Hidup yang Menarik dengan Tulisan Tangan


Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Menarik

Bila Kamu melamar pekerjaan, tentu Kamu harus menyertakan surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup atau CV. Tidak sedikit perusahaan masih menilai kelengkapan dokumen lamaran yang dikirimkan dengan jejaring sosial atau secara online. Namun, mengirimkan surat lamaran dan CV dalam bentuk fisik atau hardcopy yang ditulis dengan tangan, tetap menjadi pilihan terbaik bagi beberapa perusahaan.

Menggunakan format penulisan yang benar dan pola pikir yang jelas, Kamu bisa membuat surat lamaran dan CV yang menarik meski ditulis dengan tangan. Berikut beberapa tips yang bisa Kamu terapkan:

Menggunakan bahasa yang benar dan tertata dengan rapi

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Menarik

Penting untuk menggunakan bahasa yang sesuai dan sesuai dengan etika bisnis. Pastikan Kamu menggunakan bahasa Indonesia yang benar dalam membuat surat lamaran dan CV. Kalaupun Kamu masih ragu tentang tata bahasa Indonesia, Kamu bisa menggunakan kamus online atau meminta bantuan dari teman yang ahli dalam bahasa Indonesia.

Selain itu, Kamu juga harus memastikan bahwa format surat lamaran dan CV tertata dengan rapi. Perhatikan bagaimana Kamu menyajikan informasi, seperti halaman depan yang mencakup informasi pribadi Kamu dan judul surat lamaran yang jelas. Ingatlah bahwa penampilan penting untuk pertama kali dilihat oleh para perekrut perusahaan.

Menjelaskan pengalaman kerja dan keterampilan dengan jelas

Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Menarik

Ketika menulis CV, penting untuk mencantumkan pengalaman kerja dan keterampilan Kamu dengan jelas. Gunakan gaya penulisan yang efektif untuk menjelaskan pengalaman Kerja yang Kamu miliki, seperti menuliskan judul pekerjaan atau tanggung jawab yang pernah Kamu emban.

Baca Juga :   Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik untuk PT Mayora di Indonesia

Manfaatkan daftar tugas atau peran dalam masing-masing nama organisasi, keterampilan yang relevan, serta pencapaian Kamu dalam mempengaruhi organisasi tersebut. Pastikan Kamu menuliskan semua informasi yang relevan dengan pekerjaan yang Kamu lamar dan yang menunjukkan kemampuan Kamu.

Membuat surat lamaran yang menarik

Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Menarik

Berbeda dengan daftar riwayat hidup, surat lamaran Kamu harus mencakup formalitas dan menarik perhatian para perekrut perusahaan. Alih-alih langsung membuka topik penulisan, mulailah dengan mengucapkan terima kasih untuk kesempatan Kamu melamar dan menyebutkan di mana Kamu menemukan informasi lowongan kerja.

Setelah itu, Kamu bisa menjelaskan tentang pengalaman dan keterampilan Kerja Kamu yang relevan untuk posisi yang Kamu lamar. Kamu bisa mencakup contoh dari pekerjaan sebelumnya yang mengilustrasikan bagaimana Kamu berkontribusi untuk organisasi Kamu sebelumnya.

Terakhir, jangan lupa untuk menyimpulkan surat lamaran Kamu dengan pernyataan ringkasan dan memperlihatkan antusiasme Kamu untuk dipanggil menjadi bagian tim perusahaan tersebut.

Jika ingin disertakan dalam proses seleksi lebih lanjut, Kamu harus berusaha untuk membuat surat lamaran Kerja dan CV yang menarik perhatian dengan mengikuti tips di atas. Kesimpulannya, tulisan tangan juga menunjukkan keseriusan dan perhatian yang lebih dari para pelamar untuk berada di perusahaan tersebut.

Pentingnya Menyertakan Surat Lamaran Kerja dan Daftar Riwayat Hidup dengan Tulisan Tangan dalam Proses Pencarian Kerja


surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup dengan tulisan tangan

Jika kamu sedang mencari pekerjaan, kamu tentu harus melamar ke perusahaan atau instansi yang tepat untukmu. Mencari pekerjaan sendiri tidaklah mudah dan kamu harus mempersiapkan berbagai hal untuk melamar kerja secara efektif. Selain mengirimkan resume, kamu juga harus menyertakan surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup (CV). Ada banyak tipe surat lamaran kerja yang umumnya digunakan, salah satunya adalah dengan tulisan tangan. Sebagai seorang pencari kerja, kamu harus memahami pentingnya menyiapkan surat lamaran kerja dan CV dengan tulisan tangan.

contoh tulisan tangan

1. Menunjukkan Keprofesionalan

Melamar pekerjaan memerlukan komitmen dan kemampuan untuk mempertaruhkan dirimu sendiri dan menunjukkan bahwa kamu sangat ingin bekerja. Dengan menulis surat dan CV secara manual, hal ini membantu menunjukkan bahwa kamu serius dalam melamar pekerjaan dan memperlihatkan bahwa kamu telah mempersiapkan diri secara matang. Proses manual juga memberikan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan menulis tanganmu yang halus dan terkesan profesional.

2. Meningkatkan Nilai Diri

Menulis CV dan surat lamaran kerja dengan tulisan tangan bisa membuatmu merasa lebih profesional dan percaya diri. Proses menulis secara manual akan mempertajam kemampuan menulis tanganmu dan menambah nilai-nilai di CVmu. Saat menulis surat lamaran kerja, kamu juga bisa mengekspresikan dirimu dan mencantumkan keunikanmu yang tak bisa diungkapkan dalam CV yang standar. Melalui surat lamaran kerja dengan tulisan tangan, kamu bisa membangun koneksi antara pekerjaan yang diinginkan dan kemampuan yang kamu miliki.

3. Menciptakan Ekspektasi yang Baik

Menyertakan surat lamaran kerja dan CV dengan tulisan tangan dalam proses melamar pekerjaan adalah tanda-tanda positif. Hal ini menunjukkan bahwa kamu sangat serius untuk mendapatkan pekerjaan dengan cara mengeluarkan waktu dan usaha lebih untuk membuat satu set dokumen yang sempurna, dan hal ini dapat meningkatkan image nilai kamu di mata perekrut. Proses manual laptop pun bisa menghemat waktu perekrut untuk memperjelas kemampuanmu.

4. Meningkatkan Peluang Mendapatkan Pekerjaan

menulis sambil mencari pekerjaan

Tujuan dari melamar kerja adalah mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Dalam banyak kasus, peluang kamu untuk diterima bergantung pada kemampuanmu sendiri untuk membuat kesan yang positif kepada perekrut. Jika kamu ingin benar-benar serius mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan, maka mengirimkan surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup yang ditulis tangan bisa memberikan keuntungan tambahan bagi kamu untuk memisahkan diri dari para pesaingmu.

Jadi, pentingnya menyertakan surat lamaran kerja dan CV dengan tulisan tangan dalam proses melamar kerja perlu kamu perhatikan. Melalui tulisan tangan, kamu bisa memperlihatkan kemampuanmu dalam menulis dan dapat meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan. Pastikan kamu menyiapkan setiap dokumen yang diperlukan secara matang dan menunjukkan kemampuanmu secara profesional.

Terima kasih sudah membaca artikel mengenai contoh surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup tulis tangan ini. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan inspirasi untuk membuat surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup yang menarik perhatian bagi calon pemberi kerja. Jangan lupa kunjungi lagi website ini untuk artikel menarik lainnya tentang karier, gaya hidup dan berbagai topik menarik lainnya. Sampai jumpa lagi!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar