Contoh Surat Lamaran Kerja Cafe Tulis Tangan yang Baik dan Benar

Halo! Bagi yang sedang mencari pekerjaan di bidang kuliner, apakah sudah tahu cara membuat surat lamaran kerja cafe yang baik dan benar? Tidak hanya menyerahkan CV, surat lamaran kerja juga menjadi salah satu syarat penting dalam melamar pekerjaan. Nah, kali ini kita akan membahas contoh surat lamaran kerja cafe yang ditulis dengan tangan. Yuk, ikuti langkah-langkahnya secara santai dan mudah dipahami!

Keuntungan Menulis Lamaran Kerja Cafe Secara Tulis Tangan


Keuntungan Menulis Lamaran Kerja Cafe Secara Tulis Tangan

Ada banyak hal yang menjadi tantangan saat mencari pekerjaan, terutama dalam industri kuliner seperti di cafe. Salah satu hal yang paling penting adalah cara kita melamar pekerjaan. Banyak orang masih beranggapan bahwa lamaran kerja harus dikirim melalui email atau pos, namun siapa sangka cara lama seperti menulis surat lamaran kerja cafe secara tulis tangan ternyata masih terbukti banyak memberikan keuntungan bagi para pelamar. Berikut adalah beberapa keuntungan menulis surat lamaran kerja cafe secara tulis tangan.

Menunjukkan Keterampilan Menulis dan Motivasi yang Tinggi

Menulis surat lamaran kerja cafe secara tulis tangan menunjukkan keterampilan menulis yang baik dan motivasi yang tinggi. Cara ini menunjukkan bahwa Anda seorang pelamar yang serius dan menghargai waktu orang lain. Selain itu, ketika menulis surat lamaran cafe secara tulis tangan, Anda juga harus lebih mengecek ejaan dan penulisan kalimat yang Anda gunakan. Hal ini membuktikan bahwa Anda memiliki ketelitian dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas.

Memberikan Keuntungan Lebih untuk Pelamar yang Berusia Muda

Banyak pelamar kerja yang saat ini berusia muda dan terbiasa mengirimkan lamaran melalui email atau pos. Namun, mencoba untuk menulis surat lamaran secara tulis tangan bisa menjadi nilai tambah untuk membedakan Anda dengan para pelamar lainnya. Hal ini membantu Anda mempertegas bahwa Anda benar-benar terjun ke dalam proses pencarian kerja dan mengirimkan lamaran secara langsung ke pihak cafe yang sedang membuka lowongan. Adanya surat lamaran kerja cafe secara tulis tangan dapat menjadi alternatif berbeda yang memberikan keuntungan lebih bagi pelamar yang berusia muda.

Memberikan Penghargaan Kepada Pihak Cafe

Menulis surat lamaran kerja cafe secara tulis tangan menunjukkan bahwa Anda bukan hanya memandang pekerjaan secara serius, tapi juga memberikan penghargaan untuk pihak cafe. Saat ini, banyak pelamar yang mengirimkan lamaran pekerjaan melalui email atau pos, dan pengiriman ini menghasilkan surat lamaran yang sama rupa dan terlihat tidak berbeda satu dengan yang lainnya. Hal ini berbeda dengan surat lamaran kerja cafe secara tulis tangan. Dalam hal ini, setiap surat memiliki ciri-ciri yang unik dan menunjukkan bahwa Anda benar-benar peduli dengan posisi yang diinginkan dan bahwa pihak cafe juga patut diberikan penghargaan berupa waktu dan tenaga mereka dalam membaca surat lamaran yang dikirim.

Membuat Pelamar Berbeda dengan Para Pelamar Lainnya

Menulis surat lamaran kerja cafe secara tulis tangan dapat memberikan kreativitas baru pada diri pelamar. Pelamar dapat menghapus, menambahkan paragraf atau informasi baru, atau bahkan menyertakan beberapa ilustrasi. Surat lamaran yang dimodifikasi dengan cara sederhana ini bisa menunjukkan bahwa Anda berbeda dengan para pelamar lainnya dan bisa memberikan kesan positif bagi pihak cafe. Dalam hal ini, perilaku kreatif yang Anda tunjukkan dalam surat lamaran kerja cafe secara tulis tangan dapat membuka peluang lebih lebar dalam mendapatkan pekerjaan.

Menunjukkan Keseriusan Pelamar dalam Mencari Pekerjaan di Cafe

Menulis surat lamaran kerja cafe secara tulis tangan juga membuktikan bahwa Anda benar-benar serius dalam pencarian kerja dan memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap industri cafe. Surat lamaran yang diberikan secara langsung berarti bahwa Anda benar-benar memperlihatkan keseriusan dan keinginan untuk bergabung dengan pihak cafe. Hal ini memberikan gambaran positif tentang karakter Anda kepada pihak cafe, dan sebagai pelamar cafe, keseriusan adalah kunci untuk mendapatkan posisi yang diharapkan.

Baca Juga :   Pentingnya Perhatikan Warna Rambut Saat Ingin Wawancara Kerja, Mengapa?

Jadi, meskipun tampil modern, metode lama seperti menulis surat lamaran kerja cafe secara tulis tangan ternyata masih memiliki banyak keuntungan untuk para pelamar, terutama pelamar yang berusia muda. Hal ini menunjukkan bahwa metode lama ini tidak hanya memberikan nilai tambah bagi pelamar tetapi juga meningkatkan peluang dalam mendapatkan pekerjaan terutama dalam industri kuliner. Pelamar bisa mencoba metode ini sebagai salah satu alternatif yang bisa meningkatkan peluang dalam mencari pekerjaan di cafe.

Persiapan Sebelum Menulis Lamaran Kerja Cafe Secara Tulis Tangan


menulis lamaran kerja cafe secara tulis tangan

Menulis surat lamaran kerja secara tulis tangan di era digital mungkin terasa sangat kuno. Namun, tahukah Anda bahwa menulis surat lamaran kerja cafe secara tulis tangan memiliki nilai tambah tersendiri dibandingkan dengan surat lamaran yang dibuat menggunakan komputer?

Di satu sisi, menulis surat lamaran kerja cafe secara tulis tangan dapat membantu pewawancara mengetahui lebih detail tentang kepribadian anda. Dari tulisan tangan, pewawancara dapat menilai sikap disiplin, keteraturan, serta kualitas tulisan menjadi gambaran diri Anda. Namun, agar dapat membuat surat lamaran kerja cafe secara tulis tangan yang efektif, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu.

Persiapkan Alat Tulis

alat tulis tangan

Persiapan pertama yang harus dilakukan sebelum menulis surat lamaran kerja cafe secara tulis tangan adalah mempersiapkan alat tulis dengan baik. Pastikan Anda memiliki pulpen atau pensil dengan tulisan yang jelas dan mudah dibaca. Hindari menggunakan pensil dengan tinta yang mudah luntur atau pulpen dengan tinta yang pekat. Gunakan tulisan yang rapi dan teratur agar memudahkan saat dibaca.

Pilih Kertas yang Sesuai

kertas tangan

Pilihlah kertas yang berkualitas baik dengan ukuran yang sesuai. Jangan gunakan kertas yang terlalu kecil dan jangan gunakan kertas yang terlalu besar sehingga terlihat seperti modul. Pastikan kertas memiliki ketebalan yang pas agar tidak mudah robek.

Siapkan Draf Lamaran Kerja

draft lamaran kerja

Sebelum mulai menulis surat lamaran kerja cafe secara tulis tangan, siapkanlah draf lamaran kerja yang baik. Buatlah draft dengan bahasa yang mudah dipahami dan tidak bertele-tele. Jangan lupa untuk mencantumkan informasi yang penting tentang diri Anda seperti pengalaman kerja, keahlian, pendidikan dan lain-lain.

Perhatikan Tata Letak dan Format

tata letak surat

Perhatikan tata letak dan format surat agar terlihat rapi dan mudah dibaca. Sertakan informasi yang relevan di tempat yang tepat. Contohnya, letakkan judul surat lamaran kerja cafe di bagian paling atas, kemudian diikuti oleh alamat, nama pihak yang di tuju, salam pembuka, isi surat dan salam penutup. Usahakan tidak menggunakan tulisan tangan yang berlebihan agar terlihat rapi dan profesional.

Periksa Ulang Surat Lamaran Kerja Anda

periksa ulang lamaran kerja

Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja cafe secara tulis tangan, pastikan Anda memeriksa ulang. Usahakan agar tidak ada kesalahan dalam penulisan seperti ejaan, tata bahasa, dan lain-lain. Periksa juga segala informasi yang ada di lamaran kerja seperti biodata dan pengalaman kerja. Pastikan tulisan tangan anda mudah dibaca dan rapi sehingga menimbulkan kesan positif pada pewawancara.

Simpan Salinan Lamaran Kerja

salinan lamaran kerja

Jangan lupa untuk menyimpan salinan surat lamaran kerja cafe secara tulis tangan. Salinan ini nantinya dapat Anda gunakan sebagai referensi jika suatu saat ditanya oleh pewawancara. Jangan lupa untuk menjaga agar salinan tersebut tetap terlihat rapi dan mudah dibaca.

Dalam menulis surat lamaran kerja cafe secara tulis tangan, persiapan yang matang sangat penting untuk dilakukan. Dari alat tulis, pemilihan kertas, draf lamaran kerja, tata letak, dan periksa ulang, semuanya harus dilakukan secara teratur dan cermat.

Cara Menulis Lamaran Kerja Cafe Secara Tulis Tangan yang Baik dan Benar


Contoh Surat Lamaran Kerja Cafe Tulis Tangan Indonesia

Pernahkah kamu mencari pekerjaan di toko kopi atau kafe? Jika iya, kamu mungkin perlu menulis surat lamaran kerja sebagai syarat untuk melamar pekerjaan tersebut. Nah, berikut ini adalah beberapa tips terbaik untuk menulis surat lamaran kerja cafe yang baik dan benar secara manual atau tulis tangan.

1. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Mudah Dipahami

Bahasa

Pada saat menulis surat lamaran kerja, pastikan bahwa kamu menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan bahasa Indonesia yang benar dengan menghindari penggunaan bahasa daerah atau slang. Selain itu, pastikan untuk mengecek ejaan dan tata bahasa agar surat lamaran kerja kamu terlihat lebih profesional.

2. Tuliskan Identitas Diri Dengan Lengkap

Identitas diri

Identitas diri merupakan hal yang sangat penting untuk disebutkan dalam surat lamaran kerja cafe. Pastikan kamu menulis nama lengkap, alamat yang jelas, nomor telepon, dan alamat email yang bisa dihubungi. Jangan lupa, tuliskan juga pengalaman dan kualifikasi yang kamu miliki. Hal ini akan membantu HRD untuk mengetahui lebih banyak tentang dirimu dan memudahkan mereka untuk memantau lamaran kerja kamu.

3. Sampaikan Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Kemampuan berkomunikasi

Di dalam kafe, kemampuan berkomunikasi yang baik sangat diperlukan. Pada saat menulis surat lamaran kerja cafe, sampaikan bahwa kamu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Tegaskan juga bahwa kamu bersedia belajar dan bekerja sama dengan tim kafe lainnya. Sebagai contoh, kamu bisa menulis kalimat seperti berikut ini:

Baca Juga :   Amplop Lamaran Kerja Guru: Pentingnya Menerapkan Etika dan Desain yang Baik

“Saya sangat menyukai lingkungan kafe dan sudah memiliki pengalaman dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Saya percaya bahwa kemampuan berkomunikasi yang baik sangat diperlukan dalam bekerja di kafe dan saya bersedia belajar dan bekerja sama dengan tim kafe lainnya.”

4. Sertakan Pengalaman dan Keahlian yang Relevan

Pengalaman dan keahlian

Tunjukkan pada HRD bahwa kamu memahami kerja di kafe dengan menunjukkan pengalaman dan keahlian yang relevan. Misalnya, jika kamu pernah bekerja di kafe sebelumnya, kamu bisa menuliskan rincian tentang pengalaman kerja kamu, seperti tugas dan tanggung jawab yang pernah kamu lakukan dan pencapaian terbaik yang pernah kamu raih. Selain itu, tuliskan juga keahlian yang kamu miliki yang relevan dengan pekerjaan di kafe, seperti kemampuan meracik kopi, membuat minuman dingin dan membuat menu makanan.

5. Ucapkan Terima Kasih dan Jangan Lupa Minta Respons

Ucapan terima kasih

Agar surat lamaran kerja kamu terlihat profesional dan sopan, jangan lupa ucapkan terima kasih pada HRD. Jangan lupa menyebutkan bahwa kamu akan menunggu dengan sabar tanggapan dari HRD. Sebagai contoh, kamu bisa menulis kalimat berikut ini:

“Demikianlah surat lamaran kerja dari saya. Saya berharap bisa bergabung dengan tim kafe anda dan dapat memberikan kontribusi positif bagi kafe Anda. Terima kasih atas waktu dan perhatiannya, saya sangat berharap dapat mendapatkan tanggapan darimu secepatnya.”

Dengan patuh pada tips di atas, kamu akan bisa membuat surat lamaran kerja cafe yang baik dan benar yang akan meningkatkan peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan di kafe idaman mu. Ingat untuk membaca kembali surat lamaran kerja kamu sebelum menyerahkannya, untuk menghindari kesalahan penulisan dan pengetikan.

Tips Membuat Lamaran Kerja Cafe Secara Tulis Tangan yang Menarik Perhatian Pemilik Usaha


Contoh Surat Lamaran Kerja Cafe

Jika kamu tertarik untuk bekerja di sebuah cafe, salah satu cara mengirimkan lamaran kerja adalah dengan cara tulis tangan. Meski terkesan kuno, cara ini tetap dianggap efektif dalam menunjukkan keunikan dan perhatian kamu dalam menawarkan diri bekerja di cafe tersebut. Berikut beberapa tips membuat lamaran kerja cafe secara tulis tangan yang menarik perhatian pemilik usaha:

gambar surat lamaran kerja

1. Buat surat lamaran dengan tangan yang rapi dan bersih

Hal pertama yang harus kamu perhatikan agar surat lamaran kerja cafe yang kamu tulis mudah dibaca dan nyaman dilihat adalah dengan membuat tulisan yang rapi dan bersih. Kamu bisa memilih jenis pena atau pulpen dengan warna yang jelas dan mudah terbaca, seperti hitam atau biru tua. Pastikan juga tulisanmu tidak asal-asalan dan mudah terbaca agar pemilik cafe mudah membaca isi surat lamaranmu.

2. Sertakan informasi kontak dengan jelas

Informasi kontak yang jelas sangat penting untuk disertakan agar pemilik cafe mudah menghubungi kamu jika kamu lolos seleksi. Jangan lupa untuk mencantumkan nomor telepon dan e-mail yang masih aktif. Pastikan juga nomor telepon yang kamu cantumkan mudah dihubungi dan e-mail yang kamu tuliskan dapat menerima pesan masuk.

3. Tunjukkan minatmu bekerja di cafe tersebut

Jika kamu ingin bekerja di cafe tersebut, jangan lupa untuk menunjukkan minatmu dengan jelas. Ceritakan alasanmu ingin bekerja di cafe tersebut dan apa yang membuatmu tertarik dengan cafe tersebut. Kamu bisa mencari informasi tentang cafe tersebut terlebih dahulu dan menyebutkan informasi tersebut dalam surat lamaranmu. Pastikan juga penyebutan informasi tersebut relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

4. Jangan lupakan pengalaman dan keahlianmu

Gambar Keahlian

Jangan lupakan untuk menyertakan pengalaman dan keahlianmu pada surat lamaran cafe yang kamu tulis. Ceritakan secara singkat pengalamanmu di bidang yang berkaitan dengan cafe serta keahlian yang sudah kamu miliki, seperti kemampuan membuat kopi, menghias kue, serta membershipatikan barang-barang, mengatur perlengkapan dapur, dan lain-lain yang tentunya akan berguna untuk mendukung pekerjaan di cafe tersebut.

5. Sampaikan kesan positif dan sopan

Terakhir, pastikan surat lamaranmu bernada positif dan sopan. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih karena telah mempertimbangkan lamaran kerjamu, serta berharap dapat bertemu dengan pemilik cafe secara langsung. Tunjukkan kesan positif dan profesional pada surat lamaranmu agar memberikan kesan kepada pemilik usaha bahwa kamu orang yang sopan dan mudah bekerjasama.

Dengan mengikuti tips membuat lamaran kerja cafe secara tulis tangan yang menarik perhatian pemilik usaha di atas, diharapkan kamu dapat membuat surat lamaran yang unik dan membuat kamu berbeda dari pelamar lainnya. Ingat untuk selalu memberikan kesan positif dan sopan agar memudahkanmu untuk mencapai karir impianmu di dunia kuliner terutama di cafe-cafe trendi yang banyak bermunculan saat ini.

Sebelum kita mengakhiri artikel ini, semoga contoh surat lamaran kerja cafe tulis tangan ini dapat membantu para pembaca dalam menghasilkan surat lamaran kerja yang baik dan benar. Ingat, penampilan surat lamaran dapat menentukan apakah anda akan dipanggil untuk interview atau tidak. Tetap yakin dan percaya diri saat mengirimkan surat lamaran kerja, dan jagalah etiket dalam setiap tindakan anda. Jangan lupa untuk selalu mengikuti situs ini untuk mendapatkan informasi karir dan tips bermanfaat lainnya. Terima kasih sudah membaca, dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar