Contoh Surat Iklan Lowongan Pekerjaan yang Efektif dan Menarik

Hai teman-teman! Kalian yang sedang mencari pekerjaan baru pasti nggak mau ketinggalan lowongan pekerjaan yang cocok buat kalian, kan? Nah, kalian bisa mencari lowongan itu dari contoh surat iklan lowongan pekerjaan. Di sana, kalian bisa lihat apa aja sih posisi yang kosong dan kriteria apa aja yang dibutuhkan oleh perusahaan. Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang contoh surat iklan lowongan pekerjaan di Indonesia!

Mengenal Surat Iklan Lowongan Pekerjaan


contoh surat iklan lowongan pekerjaan

Banyak perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja akan mengeluarkan sebuah iklan lowongan pekerjaan demi menarik minat calon karyawan untuk melamar pekerjaan di perusahaan mereka. Surat iklan lowongan pekerjaan tersebut biasanya akan disebarkan ke publik dengan berbagai macam cara, seperti melalui media cetak atau online.

Surat iklan lowongan pekerjaan adalah cara efektif yang digunakan perusahaan untuk memperkenalkan posisi pekerjaan terbaru dari perusahaan mereka kepada calon pelamar kerja. Dalam surat iklan lowongan pekerjaan ini, perusahaan akan mencantumkan informasi yang dibutuhkan oleh calon karyawan tentang posisi pekerjaan yang tersedia.

Contoh surat iklan lowongan pekerjaan biasanya mencantumkan beberapa hal. Yang pertama, perusahaan akan mencantumkan nama perusahaan dan deskripsi posisi pekerjaan yang ditawarkan. Setelah itu, akan ada deskripsi tentang tanggung jawab kerja dan tugas yang harus dilakukan oleh karyawan yang ingin melamar pekerjaan.

Selain itu, perusahaan akan menjelaskan persyaratan yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan di posisi yang ditawarkan, seperti kualifikasi pendidikan, pengalaman kerja, kemampuan komunikasi, dan keterampilan teknis yang relevan.

Di dalam contoh surat iklan lowongan pekerjaan, biasanya terdapat informasi yang berhubungan dengan manfaat yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan yang diterima, seperti gaji, asuransi kesehatan, dan tunjangan-tunjangan lainnya.

Selain itu, surat iklan lowongan pekerjaan juga biasanya akan menjelaskan tentang bagaimana cara melamar pekerjaan di perusahaan tersebut dan batas waktu penerimaan lamaran. Semua informasi ini harus disajikan dengan jelas agar calon karyawan bisa mengerti dengan mudah segala informasi yang dibutuhkan dalam mengajukan lamaran pekerjaan.

Begitu banyak bidang yang menawarkan lowongan kerja. Ada yang mencari pekerja dalam bidang teknologi informasi, manufaktur, keuangan, sumber daya manusia, pemasaran atau bidang lainnya. Contoh surat iklan lowongan pekerjaan yang disajikan dalam setiap bidang tersebut biasanya akan berbeda dan disesuaikan dengan bidang usaha tersebut.

Contoh surat iklan lowongan pekerjaan juga bisa ditemukan di internet, di situs web milik perusahaan yang menawarkan posisi pekerjaan tersebut. Biasanya ensiklopedia online seperti wikipedia juga menyediakan banyak contoh surat iklan lowongan pekerjaan, jadi calon karyawan bisa mempelajari lebih lanjut tentang cara-cara mengajukan lamaran pekerjaan dengan benar dan menemukan posisi pekerjaan yang sesuai dengan skill set mereka.

Dalam mengajukan lamaran kerja, pastikan untuk menyesuaikan resume dan surat lamaran Anda dengan posisi pekerjaan yang ditawarkan. Jangan lupa untuk mencantumkan kemampuan yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan yang sedang dibutuhkan. Jika melamar melalui email, jangan lupa untuk menyertakan surat keuntungan serta riwayat hidup.

Dalam menjalankan bisnis, penawaran kerja kepada pegawai merupakan sebuah kunci kesuksesan. Oleh karena itu, perusahaan harus memperhatikan detail dalam membuat contoh surat iklan lowongan pekerjaan. Dalam membuat surat iklan lowongan pekerjaan, perusahaan harus memperhatikan kebutuhan dan persyaratan karyawan yang dibutuhkan untuk memastikan bahwa karyawan yang dipilih tepat dan sesuai dengan posisi yang sedang dibutuhkan.

Dengan mengetahui informasi tentang surat iklan lowongan pekerjaan, diharapkan calon karyawan bisa lebih memahami bagaimana caranya untuk mengajukan lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Semua hal yang terkait dengan lowongan kerja bisa dicari di internet atau media lain seperti koran dan majalah.

Contoh-contoh Surat Iklan Lowongan Pekerjaan yang Baik dan Benar


Contoh Surat Iklan Lowongan Pekerjaan yang Baik dan Benar

Membuka lowongan pekerjaan adalah salah satu tugas penting bagi perusahaan. Namun, seringkali perusahaan tidak menarik minat bagi kandidat yang berkualitas karena iklan lowongan kerja kurang menarik dan efektif. Oleh karena itu, penting untuk menyusun surat iklan lowongan pekerjaan yang baik dan benar. Berikut beberapa contoh surat iklan lowongan pekerjaan yang bisa menjadi inspirasi bagi perusahaan Anda:

Baca Juga :   Lowongan Kerja Kondektur Bus Malam Terbaru di Indonesia

Contoh 1: Sales Representative

Sales Representative

PT Abadi Jaya Sejahtera sedang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi Sales Representative dengan kriteria sebagai berikut:

  • Lulusan S1 segala jurusan
  • Pengalaman minimal 2 tahun di bidang sales
  • Bisa bekerja di bawah target dan tekanan
  • Mempunyai kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik

Jika Anda memiliki kriteria di atas, segera kirimkan CV Anda dan surat lamaran ke alamat email recruitment@abadijaya.co.id

Contoh 2: Web Developer

Web Developer

PT Jaya Abadi Mandiri sedang mencari seorang Web Developer yang memiliki kriteria sebagai berikut:

  • Lulusan S1 Teknik Informatika atau komputer
  • Pengalaman minimal 2 tahun dalam membangun dan mengelola website
  • Menguasai programming bahasa HTML, CSS, JavaScript dan PHP
  • Bersedia bekerja keras dan berkolaborasi dengan tim

Kirimkan CV dan portfolio terbaru Anda ke hrd@jayabadi.co.id sebelum tanggal 30 Juni 2021.

Contoh 3: Marketing Manager

Marketing Manager

PT Maju Terus Bersama membutuhkan seorang Marketing Manager untuk memimpin tim pemasaran. Kandidat yang diinginkan harus memenuhi kriteria berikut:

  • Lulusan S1 segala jurusan
  • Pengalaman minimal 5 tahun di bidang marketing
  • Menguasai karirte pemasaran online dan offline
  • Komunikatif, inovatif dan mempunyai kemampuan pemecahan masalah yang baik

Bagi Anda yang berminat, kirimkan CV Anda ke alamat email hrd@majuterus.co.id sebelum 10 Juli 2021.

Dalam menyusun surat iklan lowongan pekerjaan, perusahaan harus memastikan bahwa iklan tersebut jelas, padat, dan menarik bagi kandidat yang berkualitas. Hal-hal yang harus diperhatikan, antara lain:

1. Judul iklan

Judul iklan

Judul iklan harus menarik dan mencerminkan pekerjaan yang ditawarkan. Pastikan judul jelas dan mudah dipahami oleh calon kandidat.

2. Deskripsi Pekerjaan

Deskripsi Pekerjaan

Deskripsi pekerjaan harus mencakup tanggung jawab, kualifikasi, dan ekspektasi dari perusahaan. Pastikan deskripsi memberikan gambaran jelas tentang pekerjaan yang ditawarkan dan apa yang diharapkan dari calon kandidat.

Sebagai contoh, deskripsi pekerjaan untuk Marketing Manager harus mencakup tanggung jawab dalam membuat strategi pemasaran, mengelola tim, dan menciptakan peluang bisnis.

3. Kualifikasi

Kualifikasi

Untuk menarik kandidat yang berkualitas, pastikan kualifikasi yang dibutuhkan jelas dan sesuai dengan pekerjaan. Berikan detail tentang kriteria seperti pengalaman kerja, pendidikan, dan kemampuan yang dibutuhkan.

4. Gaji dan Tunjangan

Gaji dan Tunjangan

Menyertakan gaji dan tunjangan pada iklan dapat menarik kandidat yang ingin dipertimbangkan untuk posisi tersebut. Pastikan bahwa kisaran gaji dan tunjangan sesuai dengan posisi dan tanggung jawab yang ditawarkan.

5. Tanggal Akhir Pendaftaran

Tanggal Akhir Pendaftaran

Tentukan tanggal akhir pendaftaran yang cukup waktu bagi kandidat untuk mengirimkan CV dan surat lamaran. Pastikan tanggal akhir pendaftaran tidak terlalu dekat dengan tanggal pemberitahuan hasil seleksi agar kandidat memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan diri.

Dalam menyusun surat iklan lowongan pekerjaan, pastikan Anda menghindari kesalahan umum seperti ejaan yang salah, penggunaan bahasa yang kasar dan diskriminatif. Periksa kembali iklan sebelum memposting ke website atau media sosial agar tidak terjadi kesalahan yang dapat menurunkan reputasi perusahaan Anda. Semoga contoh surat iklan lowongan pekerjaan di atas dapat membantu Anda menyusun iklan yang baik dan benar.

Tips Menulis Surat Iklan Lowongan Pekerjaan yang Menarik Perhatian Pelamar


Job Advertisement

Sebagai calon karyawan atau perekrut, kita tentu tidak ingin ketinggalan untuk mengetahui lowongan pekerjaan terbaru. Baik itu dari perusahaan besar maupun kecil, semua perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang berkualitas. Ketika ada lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kriteria kita, kita tentu menyiapkan segala sesuatunya, seperti membuat surat lamaran kerja atau CV yang menarik. Begitu pun dengan pihak perusahaan yang membuka lowongan, mereka pun harus membuat surat iklan lowongan pekerjaan yang menarik perhatian pelamar.

Menulis surat iklan lowongan pekerjaan yang menarik perhatian pelamar bukanlah pekerjaan mudah. Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan untuk bisa menarik perhatian calon pelamar. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan ketika menulis surat iklan lowongan pekerjaan:

1. Buatlah Judul yang Menarik

Judul Iklan Pekerjaan

Judul adalah hal pertama yang dilihat oleh calon pelamar. Oleh karena itu, pastikan judul yang dibuat menarik dan mencerminkan posisi pekerjaan. Hindari menggunakan judul yang terlalu umum atau ambigu. Sebagai contoh, jika posisi yang dibutuhkan adalah Marketing Executive, buatlah judul yang lebih spesifik misalnya “Marketing Executive for FMCG Brand”.

2. Deskripsikan Perusahaan dengan Jelas

Deskripsi Perusahaan

Calon pelamar juga perlu tahu dengan jelas mengenai perusahaan. Deskripsikan perusahaan dengan singkat, jelas, dan padat. Sebutkan visi, misi, serta bidang usaha perusahaan. Hal ini juga bisa membuat calon pelamar tertarik dengan budaya perusahaan.

3. Jelaskan Tugas dan Kualifikasi Pekerjaan dengan Detail

Kualifikasi Pekerjaan

Menceritakan tentang tugas dan kualifikasi untuk pekerjaan tersebut adalah hal yang penting. Jangan hanya menuliskan tugas secara umum namun jelaskan tugas tersebut secara detail. Sebagai contoh: sebuah perusahaan yang membutuhkan seorang Graphic Designer, akan menjadi lebih menarik jika mencantumkan tugas lebih detail seperti mendesain promosi media sosial, membuat desain menu restoran, dsb.
Kualifikasi pekerjaan juga harus dijelaskan dengan detail, seperti pendidikan minimal yang dibutuhkan, pengalaman kerja, serta keterampilan yang diperlukan.

Baca Juga :   Lowongan Kerja Indomaret Sidoarjo: Kesempatan Emas bagi Pencari Kerja

4. Berikan Informasi Gaji dan Benefit Secara Terbuka

Gaji Pekerjaan

Berikan informasi gaji dan benefit dengan jelas. Calon pelamar akan lebih tertarik dengan perusahaan yang memberikan gaji dan benefit yang menarik. Namun, jangan sampai memberikan informasi gaji terlalu rendah atau terlalu tinggi sehingga membuat calon pelamar merasa tidak nyaman.

5. Buatlah Surat Iklan Pekerjaan yang Mudah Dibaca

Mudah dibaca

Terakhir adalah membuat surat iklan pekerjaan yang mudah dibaca. Pastikan penggunaan bahasa yang mudah dipahami dan jangan terlalu formal. Karena meski berbicara tentang pekerjaan, tidak ada salahnya membuat surat iklan pekerjaan yang menyenangkan untuk dibaca.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan ketika menulis surat iklan lowongan pekerjaan yang menarik perhatian pelamar. Berikut ini adalah contoh surat iklan lowongan pekerjaan:

Contoh:
Kami, Perusahaan XYZ yang bergerak di bidang retail, saat ini sedang membutuhkan Karyawan Penjualan dengan kualifikasi sebagai berikut:
– Usia maksimal 30 tahun
– Pendidikan minimal SMA/SMK semua jurusan
– Pengalaman minimal 1 tahun di bidang penjualan ritel

Tanggung Jawab:
– Melayani pembeli dengan ramah dan sopan
– Memberikan informasi yang jelas mengenai produk kepada pelanggan

Jika kamu tertarik dan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan, kirimkan surat lamaran kerja kamu beserta CV dan fotokopi sertifikat pendidikan dan pengalaman kerja ke alamat kami atau email ke recruitment@perusahaanxyz.com.
Gaji yang diberikan akan disesuaikan dengan kualifikasi dan pengalaman yang kamu miliki.

Demikianlah tips dan contoh surat iklan lowongan pekerjaan. Semoga sukses dalam mencari pekerjaan dan memperoleh hasil yang terbaik.

Etika dalam Penggunaan Surat Iklan Lowongan Pekerjaan pada Media Sosial


Etika dalam Penggunaan Surat Iklan Lowongan Pekerjaan pada Media Sosial

Berkembangnya teknologi informasi memberi kemudahan dalam mencari informasi termasuk mencari lowongan pekerjaan. Dalam mencari informasi lowongan pekerjaan, banyak perusahaan memasang iklan lowongan pekerjaannya di media sosial. Bahkan, saat ini iklan lowongan pekerjaan di media sosial menjadi trend dan seakan menjadi hal yang biasa.

Namun sebagai perusahaan, dalam memasang iklan lowongan pekerjaan di media sosial, etika harus diperhatikan. Penting untuk mematuhi etika dalam memasang iklan lowongan pekerjaan di media sosial. Berikut beberapa etika yang perusahaan harus perhatikan.

1. Tidak Membuat Iklan Lowongan Pekerjaan Diskriminatif

Tidak Membuat Iklan Lowongan Pekerjaan Diskriminatif

Perusahaan harus memperhatikan bahasa yang digunakan dalam iklan lowongan pekerjaan. Pastikan bahasa yang digunakan tidak diskriminatif. Sebagai contoh, perusahaan tidak boleh mengunggah iklan yang mengungkapkan kebijakan yang didasarkan atas umur atau jenis kelamin tertentu. Hal ini dapat dianggap diskriminatif dan melanggar hak asasi manusia.

2. Memuat Informasi Lengkap dalam Iklan Lowongan Pekerjaan

Memuat Informasi Lengkap dalam Iklan Lowongan Pekerjaan

Perusahaan harus memasukkan informasi yang lengkap pada iklan lowongan pekerjaan. Hal yang perlu dipertimbangkan adalah informasi detail tentang perusahaan, kriteria yang dibutuhkan untuk posisi yang diiklankan, serta benefit yang didapatkan dari bekerja di perusahaan tersebut. Dengan adanya informasi yang lengkap, calon pelamar pekerjaan bisa mengetahui kualifikasi apa saja yang dibutuhkan dan apa yang didapatkan bila bekerja di perusahaan tersebut.

3. Tidak Mengancam Calon Pelamar Pekerjaan

Tidak Mengancam Calon Pelamar Pekerjaan

Perusahaan tidak boleh mengancam dan memaksa calon pelamar pekerjaan untuk melakukan sesuatu yang tidak dibenarkan. Sebagai contoh, perusahaan tidak boleh memasukkan klausul dalam iklan lowongan pekerjaan bahwa calon pelamar yang tidak lulus seleksi akan dipecat dari pekerjaannya saat ini. Hal ini dapat dianggap sebagai bentuk ancaman dan tidak adil bagi calon pelamar.

4. Memberikan Pengarahan yang Jelas

Memberikan Pengarahan yang Jelas

Perusahaan harus memberikan pengarahan yang jelas terhadap calon pelamar pekerjaan mengenai proses seleksi dan jadwal wawancara. Pengarahan yang jelas ini akan membantu calon pelamar mempersiapkan diri dan mencegah terjadinya ketidakjelasan.

Secara keseluruhan, perusahaan harus mempertimbangkan etika dalam memasang iklan lowongan pekerjaan di media sosial. Setiap iklan lowongan pekerjaan perlu untuk memperhatikan bahasa yang digunakan, informasi lengkap, menghindari ancaman, dan memberikan pengarahan yang jelas. Prinsip ini akan membantu perusahaan mendapatkan calon pekerja terbaik dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif.

Sampai Jumpa Lagi

Nah, itu dia contoh surat iklan lowongan pekerjaan yang bisa kamu gunakan. Jangan sungkan-sungkan mencari tawaran pekerjaan dengan cara ini ya! Siapa tahu ada perusahaan yang membutuhkan kemampuanmu. Terima kasih sudah membaca, dan jangan lupa untuk mampir ke website kami lagi lain waktu ya. Semoga sukses!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar