Contoh Lamaran Kerja Lewat WA yang Efektif dan Terkini

Zaman sekarang, ternyata melamar kerja enggak harus cuma via email atau surat kertas. Kamu bisa mencoba contoh lamaran kerja lewat WA, geng! Pasalnya, aplikasi pesan instan ini sangat mudah dipakai dan seringkali dipilih sebagai metode komunikasi yang lebih santai oleh para HRD. Namun, agar nggak keliru format atau kurang sopan, ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui, yakni sebaiknya menghindari kesalahan penulisan dan menggunakan bahasa yang sopan serta profesional. Yuk, simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Menulis Lamaran Kerja yang Menarik Lewat WA


contoh lamaran kerja lewat wa indonesia

Jika saat ini kamu sedang mencari pekerjaan dan ingin mengajukan lamaran kerja, kamu bisa mengirimkan surat lamaran kerjanya melalui WhatsApp. Dengan adanya teknologi dan kemudahan akses untuk menggunakan WhatsApp, kamu dapat mengirimkan lamaran kerja dalam bentuk pesan singkat dengan mudah dan cepat.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa mengirimkan format lamaran kerja lewat WhatsApp tidak serta merta harus asal-asalan. Kamu tetap harus mengikuti aturan penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar. Nah, agar kamu tidak salah dalam penulisan format lamaran kerja, berikut beberapa tips untuk menulis lamaran kerja yang menarik dan efektif melalui WhatsApp.

Tampilkan Nama dan Pekerjaan Yang Dilamar

Sebelum kamu memulai penulisan, tampilkanlah nama perusahaan dan posisi kerja yang kamu lamar. Tampilkan dengan jelas dan benar agar pihak perusahaan tahu bahwa kamu benar-benar serius untuk melamar pekerjaan pada posisi tersebut.

Kenali Perusahaan yang Dituju

Sebelum mengirimkan lamaran kerja lewat WhatsApp, pastikan kamu telah mencari tahu informasi sebanyak mungkin tentang perusahaan yang kamu tuju. Kamu bisa mencari informasi melalui website perusahaan atau sumber informasi lainnya. Hal ini membantu kamu dalam menyesuaikan lamaran kerja agar sesuai dengan perusahaan yang kamu maksud.

Tunjukkan Keunggulan yang Dimiliki

Tunjukkan keunggulan yang kamu miliki terkait dengan posisi kerja yang kamu lamar. Tuliskan kualifikasi dan pengalaman kerjamu yang relevant dengan posisi kerja tersebut agar pihak perusahaan bisa mempertimbangkan lamaranmu. Namun, jangan berlebihan dan jangan menonjolkan keunggulanmu secara berlebihan ya.

Gunakan Bahasa yang Sopan dan Mudah Dipahami

Penulisan lamaran kerja lewat WhatsApp tidak memerlukan bahasa yang terlalu formal seperti dalam surat lamaran kerja biasanya. Namun, kamu tetap harus menggunakan bahasa yang sopan dan mudah dipahami agar pesan yang kamu kirimkan dapat mudah dipahami oleh pihak perusahaan.

Penggunaan Tanda Baca dan Bahasa yang Tepat

Penggunaan tanda baca dan bahasa yang tepat pada lamaran kerja sangat penting karena dapat mempengaruhi pemahaman penerima pesan. Perhatikan kesalahan penulisan seperti tulisan huruf kapital yang berlebihan atau kalimat yang salah susun. Ketika kamu mengirimkan lamaran kerja lewat WhatsApp, pastikan bahwa kualitas bahasamu telah sesuai dengan tata bahasa yang benar.

Cantumkan Informasi Kontak yang Jelas

Jangan lupa cantumkan informasi kontak yang jelas pada bagian akhir pesanmu. Sertakan nomor telepon yang mudah dihubungi oleh pihak perusahaan dan pastikan kamu menjawab pesan jika ada konsultasi lanjutan atau interview.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat menulis lamaran kerja yang menarik dan efektif. Semoga kamu sukses dalam melamar pekerjaan dan menjadi karyawan yang berkualitas. Selamat mencoba!

Tips Mengirim Lamaran Kerja Lewat WA dengan Baik dan Benar


kirim lamaran kerja lewat whatsapp

Melamar pekerjaan bukan lagi menjadi suatu tindakan konvensional dengan mengirimkan surat lamaran via pos. Di era digital ini, job seeker dapat dengan mudah mengirimkan lamarannya melalui teknologi WA (WhatsApp). Kendati begitu, terdapat etika dan cara pengiriman lamaran pekerjaan melalui WhatsApp yang baik dan benar yang seharusnya dilakukan. Berikut adalah tips mengirim lamaran kerja lewat WA dengan baik dan benar:

Baca Juga :   Chile akan Dorong Lagi Undang-Undang Pengurangan Jam Kerja

1. Siapkan Soal-Soal Ujian

mempersiapkan ujian

Melamar pekerjaan di era sekarang melibatkan saringan administratif atau tahapan ujian sebelum masuk ke tes wawancara. Sebaiknya baca dan siapkan soal-soal ujian yang mungkin akan dihadapi pada tahap tes kompetensi.

2. Buat CV dan Lamaran yang Menarik

CV dan lamaran

CV atau daftar riwayat hidup harus di depan yang jelas, baik dan mudah dibaca. Jangan lupa untuk menjelaskan secara terperinci pengalaman kerja, skills atau keahlian yang dimiliki, dan prestasi yang pernah diraih. Lamaran kerja juga harus memukau HRD atau bagian yang menangani seleksi karyawan dengan kalimat-kalimat sederhana, jelas, dan mudah dipahami.

3. Jangan Terburu-buru

kesabaran

Jangan terburu-buru dalam mengirimkan lamaran kerja lewat WA. Sebelum mengirimkan lamaran, pastikan semua dokumen pendukung seperti CV, sertifikat, dan gambar terbaru sudah dengan lengkap dan siap untuk dikirimkan. Hal ini akan membuat kesan profesional dan memberikan nilai tambah pada diri sendiri.

4. Gunakan Bahasa yang Sopan dan Baik

menyapa sopan

“Halo gan, saya melamar kerja. Ada kabar job vacancy di perusahaan bapak yah?” Kalimat tersebut rasanya kurang memuaskan, terdengar kurang sopan dan rasionil. Ketika mengirimkan lamaran pekerjaan melalui WA sebaiknya menggunakan bahasa yang sopan dan baik ketika menyapa orang yang dimaksud.

5. Hubungi HRD dan Tentukan Waktu Interview

wawancara kerja

Jika melalui WA, kali ini HRD yang memberikan kabar baik bahwa job seeker lolos seleksi administrasi dan mendapatkan panggilan lanjutan. Sebagai calon karyawan yang baik dan benar, call HRD atau mintalah informasi detail: “Halo, selamat pagi Bu Ida. Terimakasih atas kabar baiknya. Bolehkah saya mengetahui informasi lebih lanjut dan kesediaan Bu Ida untuk membuat janji wawancara?” Pastikan bahwa waktu dan tempat sudah disepakati bersama.

6. Tunggu Respons dari HRD

menunggu respons

Setelah mengirimkan lamaran kerja lewat WA, tunggu respons dari HRD dan jangan lupa untuk tetap update dengan pesan-pesan terbaru dari perusahaan.

Dengan mengikuti tips di atas, job seeker di Indonesia dapat mengirim lamaran pekerjaan melalui teknologi WA yang lebih efektif, efisien dan terpercaya selain pengiriman dokumen melalui pos tradisional. Persiapkan diri dan kirimkan lamaran via WhatsApp dengan baik dan benar!

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan WA untuk Mengirim Lamaran Kerja


Lamaran Kerja lewat Whatsapp

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, banyak perusahaan yang membuka peluang untuk kami mengirimkan surat lamaran kerja lewat media sosial, salah satunya adalah Whatsapp. Penggunaan Whatsapp untuk mengirim surat lamaran kerja memang memiliki kelebihan yang sangat praktis, namun juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu menjadi pertimbangan. Berikut ini adalah ulasan tentang keuntungan dan kerugian dari menggunakan Whatsapp untuk mengirim surat lamaran kerja:

1. Keuntungan Menggunakan WA untuk Mengirim Lamaran Kerja


Keuntungan Menggunakan WhatsApp untuk Menyampaikan Lamaran Kerja

Kepraktisan: Pengiriman surat lamaran kerja lewat Whatsapp sangatlah praktis. Kita hanya perlu membuka aplikasi Whatsapp yang sudah kita miliki di ponsel, kemudian mencari nomor telepon perusahaan yang ingin kita lamar. Selanjutnya, kita bisa langsung mengirimkan satu pesan yang berisi surat lamaran kerja, CV dan portofolio secara lengkap dan mudah tanpa harus menyiapkan banyak dokumen yang terkadang perlu di print terlebih dahulu.

Efektif dan efisien: Dalam mengirimkan surat lamaran kerja lewat Whatsapp, setelah kita melakukan pengiriman pesan maka secara otomatis sistem akan menampilkan status apakah pesan tersebut sudah terkirim atau belum. Jadi, penerima pesan bisa segera mengecek dan memberikan tanggapan apakah dokumentasi yang kita kirimkan sudah tepat atau masih harus dilengkapi lagi. Nah, selain itu Whatsapp juga memiliki fitur read receipt yang akan menunjukkan apakah pesan yang kita kirimkan sudah terbaca atau belum oleh penerima. Fitur ini sangat membantu bagi kita sebagai pelamar agar dapat mengetahui apakah dokumen lamaran kita sudah dilihat oleh HRD atau belum.

2. Kerugian Menggunakan WA untuk Mengirim Lamaran Kerja


Kerugian Menggunakan WhatsApp untuk Menyampaikan Lamaran Kerja

Pengiriman pesan terbatas: Terdapat keterbatasan karakter yang dapat kita tulis di Whatsapp, sehingga kita harus membuat dokumen menjadi lebih padat dan singkat. Hal ini tentunya bisa menurunkan nilai estetika dari surat lamaran kerja. Selain itu, penggunaan huruf kapital yang berlebihan dan tampilan format yang kurang enak di pandang mata akan menurunkan pengaruh pada pihak HRD yang akan membaca.

Private Issue: Keterbatasan pengiriman pesan pada Whatsapp membuat surat lamaran kerja kita tertumpuk bersama pesan-pesan lainnya yang mungkin bersifat pribadi. Hal ini perlu menjadi pertimbangan bagi kita sebagai pelamar.

Pentingnya pesan cepat respon: Pada beberapa perusahaan yang lebih memilih mengirim surat lamaran melalui Whatsapp, seringkali menuntut pelamar untuk memberikan respon yang cepat. Namun, waktu yang terbatas tersebut merupakan hal yang merugikan bagi beberapa pelamar.

Baca Juga :   Hadapi Tantangan Global, Kadin Berikan Tiga Tips untuk Pelaku Usaha

3. Bahaya Terancamnya Keamanan Data


Keamanan Data Whatsapp

Berbahaya: Dalam mengirim surat lamaran kerja via Whatsapp, kita tidak akan bisa menjamin keamanan dari file dokumen yang kita kirim. Pesan kita akan berada dalam lingkup pengguna lain dan bisa dengan mudah diekstraksi dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Sehingga informasi atau data kita menjadi sangat mudah diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Keamanan data: Data seseorang merupakan salah satu aset yang paling berharga untuk dijaga. Terkadang, kita tidak tahu apa yang harus dipercayai dan apa yang tidak. Di sisi lain, perusahaan juga membutuhkan data para pelamar untuk dijadikan dasar dalam membuat keputusan penerimaan pekerjaan.

Nah, itu dia ulasan tentang keuntungan dan kerugian menggunakan Whatsapp untuk mengirim lamaran kerja. Semua ini tentunya menjadi pilihan dan kembali lagi kepada masing-masing individu untuk memilih metode mana yang dirasakan paling nyaman dan aman. Namun, harus tetap diingat bahwa dokumen atau file penting harus tetap dijaga ke amanannya secara detail dan teknologi apa pun.

Contoh Lamaran Kerja yang Sukses Dikirim Melalui WA


Contoh Lamaran Kerja lewat WA

Di era digital ini, proses mencari pekerjaan semakin mudah dengan adanya teknologi. Salah satu metode baru yang telah banyak digunakan oleh para pelamar kerja adalah melamar lewat aplikasi pesan instan seperti WhatsApp (WA). Lamaran kerja lewat WA sangat efektif dan efisien karena dapat membantu pelamar mengekspresikan diri dan mengirim data yang dibutuhkan dalam format digital yang mudah dibaca. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar lamaran kerja lewat WA menjadi sukses. Berikut adalah contoh-contoh lamaran kerja yang sukses dikirim melalui WA:

Persiapkan CV dan Surat Lamaran Kerja dengan Baik

CV

Sebelum mengirimkan lamaran kerja lewat WA, pastikan kamu telah menyiapkan CV dan surat lamaran kerjamu dengan baik. Pastikan semua informasi yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan telah tercantum dengan jelas. Buatlah surat lamaran kerja yang meyakinkan, tetapi tetap sopan. Jangan lupa menuliskan informasi kontak seperti email, nomor telepon, dan alamat rumah. Sertakan pula link menuju portofolio online atau akun LinkedIn yang kamu miliki.

Buatlah Konten Lamaran Kerja yang Menarik dan Original

Konten Lamaran Kerja

Konten lamaran kerja yang menarik dan original dapat membantu memikat perhatian pihak perusahaan dan memberikan kesan baik sejak awal. Buatlah pesan singkat yang penuh semangat dan optimisme. Jangan lupa memperkenalkan diri dengan baik dan menjelaskan mengapa kamu cocok untuk posisi tersebut. Gunakan gaya penulisan yang profesional namun tetap santai dan jangan lupa memperhatikan tata bahasa yang baik dan benar.

Sertakan Data Pendukung dalam Lamaran Kerja

Data Pendukung

Lamaran kerja lewat WA yang sukses membutuhkan data pendukung seperti portofolio dan sertifikat. Pastikan bahwa file-file yang kamu kirimkan dalam format yang mudah dibaca dan disimpan oleh pihak perusahaan. Jangan lupa menyertakan surat rekomendasi dari mantan atasan atau teman kerja yang telah bekerja sama denganmu sebelumnya.

Jangan Lupakan Etika dan Keramahan

Etika dan Keramahan

Lamaran kerja lewat WA yang sukses memerlukan etika dan keramahan, karena selain memperlihatkan integritasmu, perilaku yang sopan juga akan membuat pihak perusahaan menyukaimu. Gunakan bahasa yang sopan dan ramah, sampaikan niatmu dengan jelas, dan jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada perusahaan yang memperhatikan lamaranmu. Jangan lupa memperkenalkan diri dan siapa yang memberimu informasi tentang lowongan pekerjaan tersebut, kalaupun ada.

Kirim Lamaran Kerja dengan Waktu yang Tepat

Waktu yang Tepat

Kirimkan lamaran kerjamu pada waktu yang tepat. Jangan mengirimkan lamaranmu pada jam-jam sibuk atau saat libur kerja. Pilihlah waktu yang tepat agar lamaranmu dapat dibaca dengan saksama oleh pihak perusahaan. Jangan lupa memperhatikan sifat lowongan pekerjaan yang kamu lamar. Sebaiknya hindari mengirimkan lamaranmu pada hari libur atau waktu yang tidak sesuai dengan tanggal akhir penerimaan lamaran kerja.

Kesimpulan

Kesimpulan

Lamaran kerja lewat WA dapat menjadi semakin populer dikarenakan cara ini efektif dan efisien dalam mencari pekerjaan, terutama untuk generasi millennial. Konten lamaran kerja yang baik, mengikuti peraturan-peraturan perusahaan, menggunakan bahasa yang sopan, dan mengirimkan lamaran pada waktu yang tepat adalah beberapa faktor utama yang dapat membuat lamaran kerja lewat WA menjadi sukses. Dengan demikian, pelamar harus benar-benar memperhatikan hal-hal tersebut agar bisa memperoleh pekerjaan yang diinginkannya.

Selamat! Sekarang kamu tahu cara mengirim lamaran kerja lewat WA. Selain praktis, cara ini juga cukup efektif. Jangan lupa untuk mengirimkan dokumen lamaran lengkap terlebih dahulu sebelum memulai proses ini. Banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja melalui media sosial, WA bisa jadi salah satu caranya. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk berkunjung kembali di kemudian hari. Sampai jumpa!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar