Cerita WNI Cari Kuliner Halal di Thailand, Gak Nyangka Nemu Ayam Goreng Terenak di Dunia!

INDOZONE.ID – Mencari makanan Halal di Thailand memang susah-susah gampang. Kamu harus pandai memilah dan memilih biar bisa menikmati sajian Halal.

Tapi tahukah kamu bahwa ada kota di Thailand yang hampir 90 persen makanannya Halal, yaitu di kota Hat Yai. Hat Yai merupakan kota terbesar di Provinsi Songkhla, Thailand Selatan sekaligus kota terbesar ketiga di Thailand setelah Bangkok dan Chiang Mai.

Nah, Tim Z Creators, Reja Dalimunthe, mengajak kamu untuk mencicipi kuliner khas Thailand Selatan yang kaya akan rempah Melayu dan oriental.

Kuliner Halal di Thailand

Memasuki kota Hat Yai, hal pertama yang harus dimakan adalah ayam goreng Hat Yai atau orang lokal biasa menyebutnya Gai Tod. Banyak yang bilang kalau Gai Tod merupakan ayam goreng terenak di dunia dan cuma ada di Thailand Selatan.

ayam goreng hat yai
Potongan ayam goreng Hat Yai (Z Creators/Reja Dalimunthe)

Ayam goreng yang diolah dengan bumbu rempah khas Thailand seperti jeruk nipis, bawang putih, ketumbar, lada, gula pasir, kecap ikan dan bumbu lainnya dimarinasi menjadi sepotong ayam goreng renyah dan lezat lengkap dengan sambal pedas asam manisnya.

Gai Tod dijual hampir di setiap ujung jalan kota Hat Yai dengan harga rata-rata 20 Baht atau sekitar Rp8 ribu per potongnya.

Sensasi menyantap ayam goreng terenak di dunia ini dapat dilihat dari bagaimana kulit ayamnya yang masih basah mengkilap lengkap dengan rempah yang tertinggal di setiap lapisan kulit ayam goreng.

“Ehmmm yummy…saking melimpahnya rempah di dalam potongan Gai Tod, bumbunya sampai meresap ke jari jemari saya.” Tegas Reja sambil terus menyantap Gai Tod.

Berikutnya ada lumpia Khanom Kuichai, lumpia ini khas dengan isian daun bawang China. Meskipun berbahan dasar makanan oriental, Reja yakin kuliner ini 100 persen Halal karena hampir sebagian besar penjualnya adalah warga muslim Thailand.

Baca Juga :   [SALAH] BP2MI Bagikan Dana Bantuan Untuk Pekerja Migran Sebesar Rp150 Juta – TurnBackHoax.ID
kuliner halal thailand
Lumpia Thailand dengan daun bawang China (Z Creators/Reja Dalimunthe)

Karena cemilan pasar, satu potong lumpia digunting kecil-kecil. Penyajiannya seperti batagor di Indonesia. Bumbunya tetap bumbu pedas asam manis. Isian dalamnya benar-benar mengeluarkan aroma dedaunan segar seperti aroma daun bawang Batak dan kaya akan rempah oriental.

Harganya mulai dari 10 bath atau sekitar Rp4 ribu.

“Gurihnya masih benar-benar membekas di lidah, rasa daun bawangnya kuat tapi tidak membau di mulut, sepertinya ada sedikit campuran seasonings yang Thailand banget.” Ucap Reja sambil menelan ludah.

Terakhir, Reja berkunjung ke pusat kuliner ASEAN, nama tempatnya ASEAN Night Bazaar masih di seputaran Kota Hat Yai. Pasar beroperasi mulai jam 16.00-22.00 waktu setempat. Food courtnya terletak di lantai 2.

asean night bazaar
Lorong kios di ASEAN Night Bazaar (Z Creators/Reja Dalimunthe)

Baru saja menapaki anak tangga, bau asap dengan aroma bumbu rempah Thailand menggoda alam bawah sadar para pengunjung. Di sini ada puluhan kios makanan dan minuman yang hampir semua penjualnya adalah warga muslim Thailand.

Kebanyakan dari penjual dapat berbahasa Melayu. Jadi turis Indonesia enggak perlu khawatir. Makanan dan minuman dijual serba murah meriah, mulai dari 10 Baht sampai dengan 80 Baht atau sekitar Rp4 ribu hingga Rp32 ribu saja.

kuliner halal thailand
Seporsi Mee Hailam ala Hat Yai (Z Creators/Reja Dalimunthe)

Di pasar ini, Reja mencicipi Mee Hailam ala Hat Yai. Mie khas Melayu dengan kuah pekat yang sedap bercampur dengan potongan seafood dan sayuran. Kuahnya melekat hitam, sedap dan kental. Rasanya seperti mie goreng yang diberikan kuah tapi aroma dan rasanya benar-benar variatif di lidah.

Jangan ditanya, memasak mie ini butuh skill yang luar biasa. Karena sebelum diberi bumbu rempah, kuah dan minyaknya harus dimasak dengan teknik stir frying, mirip menumis tapi minyaknya lebih banyak dengan suhu yang tinggi.

Baca Juga :   Yuk, Intip Dua Restoran Halal yang Ramah bagi Wisatawan Muslim Indonesia di Prefektur Aichi!
kuliner halal thailand
ASEAN Night Bazaar yang menjual kuliner Halal (Z Creators/Reja Dalimunthe)

Tantangannya adalah bagaimana membuat tekstur mie yang enggak terlalu lembek dengan metode memasak yang cukup lama dan rumit. Harga Mee Hailam di pasar ini sekitar 50 Baht atau Rp20 ribu per porsinya.

“Rasanya kaya mie goreng dikuahin dan khasnya ada kecap kedelai bercampur sama aroma seafood, jadi kadang mirip kuah tiram deh, cuma enak banget euy apalagi sayurannya keliatan masih seger.” Puji Reja.

Nah, mencari kuliner Halal di Thailand memang susah-susah gampang. Kuncinya kamu harus pandai memilih dan memilah dengan sabar dan teliti. 

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators


Artikel ini bersumber dari : www.indozone.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar