Begini 6 Cara Cek Mutasi BRI Lewat SMS Banking

Cara Cek Mutasi BRI Lewat SMS Banking – Apakah Anda pengguna BRI dan ingin mengetahui cara cek mutasi rekening dengan mudah?

Tak perlu khawatir, karena di era digital seperti sekarang ini, BRI telah menyediakan layanan SMS banking yang memudahkan Anda dalam melacak transaksi dan mutasi rekening tanpa harus datang ke kantor cabang.

Dengan metode ini, Anda dapat mengetahui secara cepat dan praktis saldo dan aktivitas rekening Anda kapan pun dan di mana pun. Yuk, simak panduan cara cek mutasi BRI lewat SMS banking yang akan kami bahas dalam artikel ini!

Cek Mutasi BRI Lewat SMS Banking

Cara Cek Mutasi BRI Lewat SMS Banking
Cara Cek Mutasi BRI Lewat SMS Banking

SMS Banking BRI adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Bank BRI untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan secara cepat dan praktis.

Salah satu fitur yang ada dalam layanan SMS Banking BRI adalah cek mutasi, yang memungkinkan nasabah untuk melihat riwayat transaksi yang telah dilakukan.

Cara Mengaktifkan Layanan SMS Banking BRI

Sebelum dapat menggunakan layanan cek mutasi BRI lewat SMS Banking, nasabah harus mengaktifkan terlebih dahulu layanan SMS Banking BRI.

Aktivasi ini dapat dilakukan melalui ATM atau langsung ke Kantor Cabang BRI terdekat.

Untuk mengaktifkan melalui ATM, nasabah perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masukkan kartu ATM BRI ke mesin ATM.
  2. Pilih menu “Lainnya” atau “Informasi SMS Banking”.
  3. Pilih “Aktivasi SMS Banking”.
  4. Pilih jenis layanan SMS Banking yang diinginkan.
  5. Masukkan nomor handphone yang akan digunakan untuk menerima SMS Banking BRI.
  6. Ikuti instruksi selanjutnya pada layar ATM untuk menyelesaikan aktivasi.

Jika ingin mengaktifkan layanan melalui Kantor Cabang BRI terdekat, nasabah perlu:

  1. Mengunjungi Kantor Cabang BRI terdekat.
  2. Mengisi formulir permohonan aktivasi SMS Banking BRI.
  3. Melengkapi persyaratan yang diminta, seperti membawa fotokopi KTP.
  4. Menyerahkan formulir dan persyaratan ke petugas BRI.
  5. Menunggu proses aktivasi selesai.

Setelah layanan SMS Banking BRI diaktifkan, nasabah dapat langsung menggunakan fitur cek mutasi.

Tata Cara Cek Mutasi BRI Lewat SMS Banking

Untuk melakukan cek mutasi BRI melalui layanan SMS Banking, nasabah perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi SMS pada ponsel atau handphone.
  2. Ketikkan format pesan: MUT<spasi>PIN
  3. Kirim pesan ke 3346.
  4. Tunggu beberapa saat, nantinya nasabah akan menerima SMS balasan yang berisi riwayat mutasi rekening.
Baca Juga :   5 Arti Mimpi Melihat Ular Banyak tapi Tidak Menggigit Menurut Islam

Informasi mutasi rekening yang diterima melalui SMS Banking BRI mencakup tanggal, waktu, jenis transaksi, dan jumlah saldo yang terkait.

Ketentuan dan Biaya Cek Mutasi BRI Lewat SMS Banking

Untuk dapat menggunakan layanan cek mutasi BRI lewat SMS Banking, nasabah harus memperhatikan beberapa ketentuan yang berlaku, antara lain:

  • Nasabah harus memiliki nomor handphone yang sudah terdaftar di layanan SMS Banking BRI.
  • Pesan untuk cek mutasi harus dikirim menggunakan format yang tepat, yaitu “MUT<spasi>PIN”.
  • Biaya yang dikenakan oleh Bank BRI untuk layanan cek mutasi BRI melalui SMS Banking akan tergantung pada ketentuan yang berlaku, didasarkan pada peraturan Bank BRI dan jenis rekening yang dimiliki nasabah.

Jadi, dengan menggunakan layanan SMS Banking BRI, nasabah dapat dengan mudah melihat riwayat mutasi rekening dari nomor handphone yang telah terdaftar.

Teknologi SMS Banking BRI memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses informasi perbankan tanpa harus pergi langsung ke ATM atau Kantor Cabang BRI.

Ayo aktifkan layanan SMS Banking BRI sekarang juga dan rasakan kepraktisannya!

Keuntungan Menggunakan Layanan Cek Mutasi BRI Lewat SMS Banking

Kemudahan Akses Kapan Saja dan di Mana Saja

Dengan menggunakan layanan cek mutasi BRI melalui SMS Banking, Anda dapat dengan mudah mengakses informasi mutasi rekening kapan saja dan di mana saja.

Tidak perlu pergi ke bank atau menyambungkan ke internet, cukup menggunakan ponsel Anda yang memiliki fitur SMS.

Ini sangat menguntungkan bagi Anda yang sibuk dengan aktivitas sehari-hari dan tidak memiliki waktu untuk pergi ke bank secara langsung.

Informasi Mutasi yang Akurat dan Real-time

Layanan SMS Banking memastikan bahwa Anda dapat mengakses informasi mutasi rekening BRI dengan akurat dan real-time.

Setiap kali Anda meminta untuk melakukan cek mutasi, Anda akan menerima informasi terkini tentang transaksi yang terjadi pada rekening Anda.

Ini membantu Anda untuk memantau aktivitas keuangan Anda dengan lebih baik, sehingga Anda dapat mengontrol pengeluaran dan pendapatan Anda secara lebih efektif.

Keamanan dan Perlindungan Data Pribadi

Layanan cek mutasi BRI melalui SMS Banking juga memberikan tingkat keamanan yang tinggi dan perlindungan data pribadi Anda.

Bank BRI menggunakan sistem yang aman dan terkini untuk memastikan bahwa data Anda tetap terlindungi.

Informasi mutasi rekening Anda tidak akan terpapar atau diakses oleh pihak yang tidak berwenang.

Ini memberikan kepercayaan dan rasa aman bagi Anda dalam menggunakan layanan ini.

Cara Mengatasi Masalah saat Menggunakan Layanan Cek Mutasi BRI Lewat SMS Banking

Tidak Menerima SMS Mutasi

Apabila Anda tidak menerima SMS mutasi setelah melakukan transaksi menggunakan layanan SMS Banking BRI, terdapat beberapa solusi menurut GajiPekerja.com yang dapat Anda coba:

Baca Juga :   Begini Cara Bayar Pajak Lewat ATM BRI yang Benar

1. Pastikan nomor ponsel yang terdaftar pada layanan SMS Banking BRI sudah benar dan masih aktif. Periksa kembali nomor ponsel yang Anda daftarkan untuk memastikan tidak ada kesalahan penulisan atau pembaruan nomor ponsel yang belum dilakukan.

2. Pastikan Anda memiliki sinyal yang baik pada ponsel Anda. Jika Anda berada di daerah dengan sinyal yang lemah, kemungkinan SMS mutasi tidak dapat diterima dengan baik. Pindahlah ke daerah dengan sinyal yang lebih baik atau coba kembali beberapa saat kemudian.

3. Periksa setelan pesan pada ponsel Anda. Pastikan bahwa setelan pesan pada ponsel Anda mengizinkan Anda untuk menerima SMS dari pengirim yang tidak terdaftar sebagai kontak. Beberapa ponsel memiliki fitur yang dapat memblokir SMS dari pengirim yang tidak terdaftar sebagai kontak.

Error atau Pesan Salah pada SMS Mutasi

Jika Anda mengalami error atau menerima pesan yang salah pada SMS mutasi setelah menggunakan layanan SMS Banking BRI, Anda dapat mencoba solusi berikut:

1. Jika Anda menerima pesan yang tidak dapat dipahami atau berisi informasi yang tidak benar, pastikan untuk menghubungi layanan pelanggan BRI. Berikan informasi lengkap mengenai masalah yang Anda alami dan pesan yang Anda terima. Tim layanan pelanggan akan membantu Anda menyelesaikan masalah tersebut.

2. Periksa kembali transaksi yang Anda lakukan. Pastikan bahwa Anda telah memasukkan semua informasi dengan benar dan sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh layanan SMS Banking BRI. Kesalahan saat memasukkan informasi transaksi dapat menyebabkan error atau pesan yang salah pada SMS mutasi yang Anda terima.

3. Jika setelah mencoba langkah-langkah di atas masalah masih berlanjut, Anda dapat mencoba menghapus aplikasi SMS Banking BRI dari ponsel Anda dan menginstalnya kembali. Pastikan Anda menggunakan versi terbaru dari aplikasi tersebut yang sesuai dengan sistem operasi ponsel Anda.

Saldo Tidak Terupdate Saat Cek Mutasi

Jika saldo rekening Anda tidak terupdate saat melakukan cek mutasi melalui layanan SMS Banking BRI, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Pastikan bahwa Anda telah melakukan transaksi dengan benar dan menyimpan bukti transaksi yang valid. Periksa kembali tanggal, waktu, dan jenis transaksi yang Anda lakukan. Jika diperlukan, Anda dapat menghubungi layanan pelanggan BRI untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai transaksi Anda.

2. Periksa saldo rekening Anda melalui layanan SMS Banking BRI beberapa saat setelah melakukan transaksi. Kadang-kadang, perlu waktu beberapa saat bagi sistem perbankan untuk memperbarui data saldo rekening Anda.

3. Jika saldo rekening Anda tetap tidak terupdate, Anda dapat mencoba melakukan logout dan login kembali ke layanan SMS Banking BRI. Jika masalah masih berlanjut, Anda dapat menghubungi layanan pelanggan BRI untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar