Cara Mudah Membuat Surat Lamaran Kerja di Konter HP

Membuat surat lamaran kerja di konter hp bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin mencari pekerjaan dengan cara mudah dan praktis. Saat ini, dengan adanya teknologi yang semakin berkembang, membuat surat lamaran kerja di konter hp sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Dengan modal sebuah smartphone, kamu bisa memiliki surat lamaran kerja yang rapi dan professional dalam waktu yang singkat. Simak artikel ini untuk mengetahui tips cara membuat surat lamaran kerja di konter hp yang benar dan efektif!

Persyaratan dalam Membuat Surat Lamaran Kerja


Surat Lamaran Kerja

Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi ketika akan membuat surat lamaran kerja di konter hp:

1. Melengkapi Data Pribadi

Melengkapi Data Pribadi

Pada saat memulai untuk membuat surat lamaran kerja melalui konter hp, pastikan untuk melengkapi data pribadi terlebih dahulu. Saat melengkapi data pribadi, pastikan untuk mencantumkan informasi yang sebenarnya dan lengkap. Informasi pribadi yang harus dicantumkan antara lain seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, email dan tempat dan tanggal lahir. Pastikan juga jika nomor telepon yang dicantumkan masih aktif.

2. Menyertakan Riwayat Pendidikan

Riwayat Pendidikan

Langkah selanjutnya dalam membuat surat lamaran kerja adalah menyertakan riwayat pendidikan. Dalam hal ini, pastikan untuk mencantumkan informasi pendidikan terakhir, jurusan yang ditempuh, tahun lulus dan institusi pendidikan yang pernah diikuti. Pastikan juga informasi yang dicantumkan terkait riwayat pendidikan dapat dimengerti dan jelas.

3. Menyertakan Pengalaman Kerja

Pengalaman Kerja

Jika pernah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, maka pastikan untuk menyertakan informasi pengalaman kerja tersebut dalam surat lamaran kerja di konter hp. Informasi yang perlu dicantumkan antara lain seperti nama perusahaan, posisi yang pernah dijabat, alamat perusahaan, lama bekerja dan deskripsi singkat mengenai tugas dan tanggung jawab.

4. Membuat CV yang Jelas dan Menarik

CV yang Jelas dan Menarik

Disamping menulis surat lamaran kerja secara lengkap, pastikan untuk membuat CV yang jelas dan menarik. CV yang baik dan jelas akan sangat membantu pelamar untuk memberikan gambaran singkat mengenai kualifikasi, pengalaman dan kemampuan yang dimiliki. Pastikan untuk menulis CV singkat, jelas dan mudah dipahami oleh pihak pewawancara.

5. Menjaga Kemampuan Berbahasa

Kemampuan Berbahasa

Ketika melamar pekerjaan, kemampuan berbahasa sangat penting. Pastikan untuk mencantumkan kemampuan bahasa yang dikuasai dalam surat lamaran kerja di konter hp. Sebagai informasi penting, bahasa Inggris merupakan bahasa yang sering diminta dalam kebanyakan perusahaan. Jika mampu berbicara bahasa Inggris, pastikan untuk menuliskannya pada surat lamaran kerja.

6. Mencantumkan Alasan Melamar Pekerjaan

Alasan Melamar Pekerjaan

Sebagai langkah terakhir dalam membuat surat lamaran kerja di konter hp, pastikan untuk mencantumkan alasan melamar pekerjaan. Hal ini penting untuk memberikan gambaran pada pihak pewawancara mengenai niat sebenarnya untuk melamar pekerjaan tersebut. Berikan alasan yang jelas dan realistis, misalnya ingin mengembangkan karir atau ingin mencoba hal yang baru.

Bagi para pencari kerja, harap berhati-hati ketika melamar kerja melalui konter hp. Pastikan untuk melengkapi persyaratan yang diminta dan menjaga tata krama yang baik.

Langkah-Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja di Konter HP


surat lamaran kerja di konter hp

Banyak orang mencari kerja hari ini dan seringkali mereka berangkat ke konter HP terdekat untuk mencari informasi. Jika Anda juga mencari pekerjaan dan ingin membuat surat lamaran kerja di konter HP, maka ikuti langkah-langkah berikut ini:

Baca Juga :   Stiker Messi Laku Diburu Fans, Harganya Tembus UMR Argentina

1. Persiapkan Semua Informasi Dengan Baik

persiapan menulis surat lamaran kerja

Sebelum mulai menulis surat lamaran kerja, pastikan Anda telah memiliki informasi yang diperlukan, seperti data pribadi, pengalaman kerja, dan kualifikasi pendidikan. Siapkan juga CV yang dapat membantu HRD untuk mengenal lebih jauh tentang latar belakang Anda.

2. Pahami Struktur Surat Lamaran Kerja

struktur surat lamaran kerja

Selain persiapan informasi yang baik, memahami struktur surat lamaran kerja juga sama pentingnya. Bagian atas surat harus berisi nama perusahaan dan alamatnya, diikuti dengan nama dan alamat Anda, serta tanggal pembuatan surat. Di bagian kedua, tuliskan kalimat pembuka tentang maksud Anda mengirimkan surat, di bagian ketiga, perkenalkan diri Anda dan pembacaan ini dapat diikuti dengan penjelasan mengenai kualifikasi pendidikan dan pengalaman kerja sebelumnya. Terakhir, berikan kalimat penutup sekaligus permintaan agar rekruter memberikan kesempatan untuk bersua dengan Anda.

3. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

bahasa yang mudah dipahami

Bahasa yang digunakan dalam surat lamaran kerja haruslah mudah dipahami. Jangan gunakan bahasa yang membuat HRD kesulitan untuk memahami kalimat Anda. Gunakan juga bahasa yang sopan dan beretika, serta hindari penulisan bahasa kita dan saya jika tidak diperlukan.

4. Berikan Poin-Poin Penting

poin-poin penting sulit menolak surat lamaran kerja

Untuk memperkuat surat lamaran kerja Anda, berikan juga poin-poin penting yang sulit ditolak oleh HRD. Misalnya, jelaskan keahlian yang Anda miliki yang relevan dengan posisi yang dilamar, atau berikan pengalaman unggulan yang mungkin menjadi daya tarik bagi pihak perusahaan.

5. Cek Kembali Tulisan Anda

cek kembali tulisan

Sebelum mencetak surat lamaran kerja yang Anda buat, cek kembali tulisan tersebut. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan baik itu grammatical atau typo serta jangan lupa untuk memeriksa dan merapikan format dokumen yang sudah dibuat. Kesalahan-kesalahan kecil dapat mempengaruhi keputusan bagi HRD.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda telah siap membuat surat lamaran kerja di konter HP. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dan mengenalkan diri Anda dengan maksimal pada perusahaan yang dituju, agar kesempatan untuk dipanggil dan masuk ke proses seleksi dapat terbuka lebar.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Menarik di Konter HP


Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Menarik di Konter HP

Bagi sebagian orang surat lamaran kerja dianggap sebagai bentuk formalitas dalam mencari pekerjaan. Padahal, surat lamaran kerja juga menjadi salah satu faktor penting ketika kita ingin mendapatkan pekerjaan dalam perusahaan yang diinginkan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menulis surat lamaran kerja dengan baik dan menarik. Kini, dengan teknologi yang semakin canggih, kita bisa menulis surat lamaran kerja dengan mudah melalui konter HP. Berikut adalah tips menulis surat lamaran kerja yang menarik di konter HP.

$subtitle$

1. Kepatuhan Format Surat Lamaran

Sebelum menulis surat lamaran kerja, kita harus memahami apa saja yang harus ada di dalam surat tersebut. Ada beberapa format surat lamaran kerja yang patut kita perhatikan. Tentunya, format surat lamaran kerja ini berbeda-beda tergantung dari perusahaan dan posisi yang dilamar. Oleh karena itu, cek kembali persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan dan gunakan format yang sesuai ketika menulis surat lamaran di konter HP. Pastikan kita menuliskan nama dan alamat lengkap kita sebagai pengirim surat, nama perusahaan yang diperuntukan, nama hrd atau orang yang berhak membuka surat tersebut, posisi yang dilamar, dan tanggal penulisan surat.

2. Jangan Salah Alamat

Jangan sampai kita salah alamat saat melamar pekerjaan. Cek kembali alamat perusahaan dengan benar dan pastikan kita menuliskan alamat yang tepat pada surat lamaran kerja tersebut. Kesalahan dalam menuliskan alamat akan mempengaruhi kredibilitas kita sebagai pelamar kerja.

3. Gunakan Bahasa Yang Baik Dan Benar

Tentunya, perusahaan membutuhkan karyawan yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Oleh karena itu, gunakanlah bahasa yang baik dan benar ketika menulis surat lamaran kerja. Hindari menggunakan bahasa slang atau bahasa yang terlalu informal. Pastikan tata bahasa dan ejaan yang digunakan benar dan jelas agar terkesan profesional. Jangan lupa menambahkan kalimat ucapan terima kasih pada bagian akhir surat.

$subtitle$

4. Konsisten Dalam Penulisan

Pastikan penulisan surat lamaran kerja kita konsisten. Konsistensi di sini dapat berarti penggunaan format tulisan yang sama pada setiap bagian surat atau penggunaan kata-kata yang konsisten dalam penggarapan isi surat. Misalnya, ketika kita ingin menuliskan pengalaman kerja, gunakan kata kerja presentasi sepanjang surat. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek kembali surat lamaran kerja yang telah kita tulis. Pastikan tidak ada kesalahan atau tulisan yang kurang jelas.

Baca Juga :   KP2KP Duri Sukses Gelar Tax Goes to School, Generasi Muda Sadar Pajak Wujud Bela Negara

5. Buat Surat Lamaran Yang Kreatif

Jadilah kreatif ketika menulis surat lamaran kerja. Buatlah surat lamaran yang menarik untuk dilihat oleh pihak perusahaan. Kita bisa menambahkan beberapa gambar atau membuat desain surat lamaran yang unik dan menarik perhatian. Dengan begitu, surat lamaran kita dapat memperlihatkan karakter dan kemampuan kita sebagai calon karyawan.

6. Jangan Lupa Lamat Curiculum Vitae

Lampirkanlah curriculum vitae atau CV pada surat lamaran kerja kita. CV tersebut akan memberikan gambaran singkat mengenai kualifikasi dan pengalaman kerja kita. Pastikan juga CV yang dilampirkan sudah benar dan terbaru.

Itulah beberapa tips menulis surat lamaran kerja yang menarik di konter HP. Pastikan kita memperoleh informasi dan persyaratan yang jelas dari perusahaan yang kita lamar. Jangan ragu untuk konsultasi dengan rekan atau keluarga kita untuk membantu mengoreksi surat lamaran kerja yang akan kita ajukan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membuat Surat Lamaran Kerja di Konter HP


Lamaran Kerja di Konter HP

Membuat surat lamaran kerja di konter HP memang bisa lebih praktis daripada membuat melalui laptop atau komputer. Namun, perkara kesalahan ketil, yang terletak pada penggunaan bahasa dan tata letak surat, bisa saja membuat kesan kurang profesional pada perusahaan yang dilamar. Oleh karena itu, berikut beberapa kesalahan yang harus dihindari saat membuat surat lamaran kerja di konter HP:

1. Terlalu Formal atau Terlalu Santai

Saat membuat surat lamaran kerja, penting untuk menggunakan bahasa yang tepat dan menyeimbangkan antara kesan formal dan santai. Hindari menggunakan bahasa yang terlalu kaku dan formal, tapi juga hindari menggunakan bahasa yang terlalu santai. Gunakan bahasa yang sopan, tapi tetap terbuka dan menunjukkan diri sebagai orang yang ramah.

2. Format Surat Tidak Sesuai

Surat lamaran kerja harus memiliki format yang jelas dan mudah dibaca. Namun, seringkali kesalahan terjadi ketika kita mengekspor file dari aplikasi pengolah kata ke file PDF. Hal ini seringkali menyebabkan tata letak menjadi berantakan dan kurang estetis. Oleh karena itu, pastikan untuk mencocokkan format surat pada konter HP dengan width dan margin sesuai dengan format surat lamaran kerja yang standar.

3. Tidak Merevisi Surat

Setelah menulis surat lamaran kerja di konter HP, jangan langsung mengirimkannya. Selalu lakukan revisi dan rerevisi ulang untuk memastikan surat sudah sesempurna mungkin. Terkadang kita menemukan typo atau kesalahan gramatikal ketika merevisi, sehingga memastikan surat yang dikirimkan bebas dari kesalahan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan.

4. Terlalu Banyak Sendiernya atau ‘Sok’ Tahu


Di Konter  HP

Satu hal lagi yang sering dilakukan oleh pelamar kerja saat membuat surat lamaran kerja di konter HP adalah menyerap berbagai kosakata asing dalam surat lamaran kerja. Entah itu frasa atau kata-kata dalam bahasa Inggris yang dikombinasikan dengan bahasa Indonesia, kosakata atau terminologi teknis yang digunakan dalam dunia profesional, atau bahasa-bahasa di luar kebiasaan. Hindari menggunakan bahasa atau frasa yang tidak umum, kata-kata yang terlalu trivial atau menambahkan keahlian atau keterampilan yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Surat lamaran kerja yang berbahasa sopan dan mudah dipahami bisa membuat kesan profesional pada perusahaan yang dilamar.

Dalam menjaga agar surat lamaran kerja yang dibuat di konter HP lebih baik, ada baiknya pelamar kerja memperhatikan aspek-aspek bahasa dan tata letak dalam surat tersebut agar tidak terlihat kurang profesional. Kesalahketilan tersebut memang kecil, tetapi dampaknya bisa berakibat fatal pada kelanjutan proses seleksi kerja di perusahaan yang dilamar.

Terima Kasih Sudah Membaca!

Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk membuat surat lamaran kerja di konter hp dengan mudah. Jangan lupa untuk selalu berusaha dan berdoa agar di beri pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan kamu ya. Jangan ragu untuk berkunjung kembali ke website ini untuk mendapatkan informasi seputar dunia kerja dan tips karir lainnya. Sampai jumpa lagi!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar