GajiPekerja.com

Informasi Gaji Pekerja Indonesia!

4 Oktober 2022

Suara.com – Origami menjadi seni melipat kertas yang berasal dari Jepang. Biasanya origami diperkenalkan ketika anak duduk di bangku Taman Kanak-Kanak (TK). Salah satu bentuk origami yang banyak diminati adalah bentuk kapal. 

Cara membuat kapal dari kertas origami cukup mudah dan tidak memerlukan banyak kertas. Kamu hanya memerlukan satu lembar kertas origami dan membuatnya menjadi bentuk kapal. Lantas bagaimana cara untuk membuatnya? Simak ulasannya berikut ini.

Terlebih dahulu kamu menyiapkan satu lembar kertas origami berbentuk persegi atau bisa menggunakan kertas lainnya. Anda dapat memilih warna kertas sesuai dengan keinginan.

1. Pertama, melipat menjadi 2 bagian sama besar.

Baca Juga:
5 Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan Lewat Website, SMS hingga Mobile JKN

Kamu dapat meletakkan kertas dalam posisi vertikal dan lipat menjadi dua memanjang agar sudut saling bertemu. Agar lipatan tersebut rapi, kamu dapat menggunakan ibu jari untuk menekan tekukan.

2. Selanjutnya betangkan kembali kertas seperti semula dan lipat dua lagi dengan memutar 90 derajat

Setelah kertas menjadi 2 bagian sama besar, kamu dapat membentangkan kembali kertas. Setelah itu putar kertas 90 derajat dan lipat jadi dua lagi. Dengan ini kertas kamu memiliki dua tekukan yakni vertikal dan horizontal.

3. Kemudian putar lagi kertas 90 derajat agar kedua pinggiran kertas yang terbuka berada di bawah.

Kamu dapat memegang di sudut kanan atas dan lipat ke tengah agar membentuk segitiga sama sisi. Pastikan untuk menyisakan bagian bawah kertas dan juga sisi tegak kedua segitiga bertemu tepat di atas tekukan vertikal.

Baca Juga:
Skill Membobol Bjorka Diragukan, Benarkah Bukan Peretas? Ini Arti Hacker Sesungguhnya

4. Kemudian lipat bagian bawah kertas ke arah berlawanan.

Selanjutnya pegang pinggiran bawah kertas dan lipat ke arah yang berlawanan agar menutupi bagian bawah kedua segitiga. Dengan ini lipatan kertas akan berbentuk menyerupai topi.

5. Lipat sudut bagian bawah kertas ke belakang.

Kamu dapat memegang salah satu kertas di bagian bawah segitiga dan tekuk ke dalam kedua sudutnya agar membungkus sudut segitiga. Lalu tekan ibu jari agar lipatan tidak terbuka dan lipat bagian lainnya ke depan.

6. Mengubah segitiga menjadi bentuk belah ketupat 

Selanjutnya pegang kertas dan putarlah 45 derajat lalu buka sisi bawahnya. Tarik bagian bawah ke kiri dan ke kanan secara perlahan hingga membentuk persegi. Pastikan kedua sudut saling bertemu.

7. Lipat bagian bawah belah ketupat ke atas

Kemudian atur posisi kertas agar pada bagian bawah belah ketupat menjadi terbuka. Tekuk salah satu sudut bawah ke atas agar bertemu dengan sudut atas. Balikkan kertas dan lakukan langkah yang sama pada sisi lainnya.

8. Buka kedua sisi kertas menjadi bentuk belah ketupat lagi

Pegang kertas berbentuk segitiga dan buka sisi bawah dengan jari tangan. Pastikan kedua sudut saling bertemu.

9. Tarik ke samping belah ketupat membentuk segitiga

Kemudian pegang kertas yang berbentuk belah ketupat dengan kedua tangan dan tarik ke arah berlawanan sehingga segitiga di dalam belah ketupat ketarik ke bawah. Akhirnya kertas origami berbentuk seperti kapal. Kamu dapat menempatkan kapal origami di atas air dan mengapung layaknya kapal.

Demikian ulasan singkat mengenai cara membuat kapal menggunakan kertas origami yang dapat Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat


Artikel ini bersumber dari : www.suara.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News