GajiPekerja.com

Informasi Gaji Pekerja Indonesia!

5 Oktober 2022

Suara.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut penduduk Pulau Pahawang, Lampung telah bertransformasi dari masyarakat pertanian menuju masyarakat yang mengandalkan pariwisata.

Sandiaga mengungkapkan hal tersebut saat berkunjung ke Pulau Pahawang dan bertemu sesepuh bernama Barmawi (77). Dalam kesempatan itu, mereka berbincang terkait sejarah Pulau Pahawang.

“Saya ingin menggali lebih banyak dari kakek Barmawi ini tentang Pulau Pahawang,” tutur Sandiaga di Desa Wisata Pulau Pahawang, Lampung, Minggu (28/8/2022).

“Ternyata di sini saya temukan sebuah transformasi masyarakat pertanian menuju masyarakat yang mengandalkan pariwisata. Jadi ekonomi ekstraktif sekarang ditopang oleh ekonomi kreatif,” katanya.

Baca Juga:
Sandiaga Uno: Pulau Pahawang Masuk 50 Besar ADWI

Sandiaga menyebut, setiap pembangunan pada dasarnya harus merangkul masyarakat setempat. Termasuk di sektor pariwisata yang menurutnya juga harus berbasis pada masyarakat sekitar.

“Jadi seandainya kita mengembangkan pola homestay, bukan semuanya digantikan oleh resort-resort besar, tapi di pusat-pusat pariwisata itu mengandalkan homestay, mengandalkan sarana hunian pariwisata milik masyarakat, makanannya, kerajinannya juga dibeli oleh para wisatawan,” katanya.

Selain membahas soal sejarah Pulau Pahawang, Sandiaga turut memberikan bantuan berupa alat semprot pestisida kepada Barmawi.

Sedangkan, Barmawi memberikan cenderamata berupa minatur masjid dari bata. Meski, Sandiaga menolak pemberian tersebut dan memilih untuk membelinya.

Baca Juga:
Pahawang Culture Festival 2022 Diharapkan Jadi Momentum Kebangkitan Ekonomi Lampung


Artikel ini bersumber dari : www.suara.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News