GajiPekerja.com

Informasi Gaji Pekerja Indonesia!

8 Oktober 2022

Siapa nih yang ingin pergi atau tinggal di negara Korea Selatan? Pasti banyak dari kalian yang ingin merasakan pergi maupun tinggal di negara ini.

Sebelum pergi atau memutuskan tinggal di Korea Selatan ada baiknya kalian mengetahui budaya masyarakatnya. Beberapa warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Korea Selatan membagikan pengalaman mereka mengalami culture shock di negeri ginseng tersebut.

1. Orang Korea Santai Bugil di Kamar Mandi Umum Sauna

Pengalaman culture shock di Korea Selatan yang pertama dibagikan oleh pemilik akun TikTok kimdeaa. Wanita yang menikah dengan orang Korea asli ini bercerita jika dirinya pernah culture shock sewaktu di sauna.

Dea mengaku suka pergi ke sauna, di sana disebut dengan jimjilbang. Hal yang bikin dia culture shock adalah ketika selesai sauna.

Orang Korea mandi bersama tanpa memakai baju sehelai pun. (TikTok/ kimdeaa & Unsplash/ Yena Kwon)

Ketika mandi di kamar mandi umum khusus wanita yang telah disediakan oleh tempat sauna semua orang di sana bugil. Orang-orang usai melepaskan baju dari ruangan loker, tanpa sehelai kain menempel di tubuhnya langsung ke kamar mandi.

Mereka sepanjang perjalanan biasa mengobrol bersama dengan santai.

“Kalau di Korea mereka buka bajunya di loker dan jalan-jalan di ruangan loker, dan di ruangan mandinya enggak ada pintunya,” ucapnya.

Kalau di Indonesia toilet umum biasanya menyediakan sabun cair untuk cuci tangan. Namun, berbeda dengan yang ada di Korea Selatan.

2. Sabun di Toilet Umum

Pemilik akun TikTok wnffldk mengalami culture shock sewaktu pertama kali di Korea Selatan. Pasalnya, sabun yang ada di toilet umum di sana adalah jenis batangan.

Toilet umum pakai sabun batangan. (TikTok/ wnffldk)
Toilet umum pakai sabun batangan. (TikTok/wnffldk)

Ada sabun batangan yang ditaruh di wadah maupun menempel digagang besi.

“Sabun batangan kayak begini biasanya ada di toilet umum stasiun subway, taman, rumah makan atau kafe (tidak semua), terminal bus,” tulisnya.

3. Budaya Serba Cepat

Siapa di sini yang suka nonton drama Korea? Kalian pecinta drakor pasti tidak asing mendengar kata ‘pal-pali’ artinya cepat-cepat.

Wanita pemilik akun TikTok ini alleciangeline mengatakan jika kata yang sering diucapkan di drakor tersebut berkaitan dengan budaya masyarakatnya. Jadi, orang Korea itu melakukan sesuatu serba cepat.

Budaya serba cepat. (TikTok/ alleciangeline & Unsplash/ Bruno Nascimento)
Budaya serba cepat. (TikTok/alleciangeline & Unsplash/Bruno Nascimento)

“Jujur gue enggak bohong budaya pali-pali di Korea benaran gais. Mereka itu kerja cepat banget, jalan cepat banget, semuanya serba cepat, benar-benar harus cepat,” ujar wanita yang akrab disapa Cici Korea.

Latar belakang tumbuhnya budaya serba cepat di Korea Selatan karena 50 tahun lalu waktu negara ini masih berkembang meskipun tidak punya sumber daya alam, tetapi mereka harus maju. Maka dari itu, sumber daya manusia yang ada harus bekerja cepat supaya mendapatkan kualitas dan profit banyak.

4. Kebiasaan Sikat Gigi

Satu lagi nih pengalaman culture shock yang pernah dialami oleh WNI tinggal di Korea Selatan. Pemilik akun TikTok marinanda88 menjelaskan dirinya mengalami culture shock di negara KPop ini tentang kebiasaan sikat gigi.

Sikat gigi setelah makan. (TikTok/ marinanda88 & Unsplash.com/  Diana Polekhina)
Sikat gigi setelah makan. (TikTok/marinanda88 & Unsplash.com/Diana Polekhina)

“Jadi pas makan siang itu, mereka habis makan gosok gigi gais. Toiletnya jadi ramai, mereka biasanya bawa sikat gigi sendiri,” kata wanita berhijab itu.

Nah, itulah beberapa culture shock WNI yang tinggal di Korea Selatan. Mana menurutmu yang paling membuat terkejut?


Artikel ini bersumber dari : yoursay.suara.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News