GajiPekerja.com

Informasi Gaji Pekerja Indonesia!

3 Oktober 2022

3 menit

Belum hafal doa arwah untuk sanak keluarga, kerabat, atau orang terdekat yang telah meninggal? Yuk, hafal bersama-sama doanya dalam artikel ini!

Sebagai manusia yang masih diberi nikmat hidup, sudah jadi kewajiban untuk mendoakan mereka yang sudah tiada.

Salah satu cara berdoa kepada para arwah adalah dengan membaca doa arwah.

Doa tersebut berisikan permohonan agar Allah Swt. semua amal ibadah mereka.

Jika belum tahu, simak bersama-sama doa arwah lengkapnya berikut ini!

Kumpulan Bacaan Doa Arwah Lengkap

1. Doa untuk Banyak Orang

Untuk arwah banyak orang, ada doa kirim arwah khususon yang bisa kamu panjatkan saat tahlil malam jumat.

Inilah doanya.

Allahummaghfirlahum warhamhum wa’aafihim wa‘fuanhum waj’alil jannata matswaahum

Arti bacaan doanya: “Ya Allah, ampunilah mereka, kasihanilah mereka, maafkanlah kesalahan-kesalahan mereka serta jadikanlah surga tempat mereka tinggal.”

2. Doa untuk Ibu

doa arwah untuk ibu

Jika doa kirim arwah khususon sebelum dipanjatkan bagi banyak orang yang mungkin tidak ketahui, berbeda dengan doa satu ini.

Doa tahlil arwah ini dipanjatkan bagi seorang ibu yang sudah meninggal dunia.

Berikut adalah bacaan doanya:

Allahummaj’al wa aushil du’aaii ilaaruuhi umami. Allahummaghfirlahaa warhamhaa wa’aafihaa wa’fuanhaa wa akrim nuzulahaa wawassi’madkhalahaa wataqabbal hasanaati haawakaffir sayii-aatihaa birahmatika yaa arhamar raahimiina

Arti doa di atas: “Ya Allah, jadikanlah dan sampaikan lah doaku kepada roh ibuku. Ya Allah ampunilah dosanya, kasihanilah dan sejahterakanlah dia maafkanlah kesalahannya, muliakanlah kedatangannya, lapangkanlah kuburnya, terimalah kebaikannya, hapuskanlah kesalahannya dengan rahmat-Mu, Ya Allah, Tuhan yang Maha Pengasih.”

3. Doa untuk Ayah

bacaan untuk ayah yang meninggal

Doa tahlil arwah berikutnya ditujukan untuk seorang ayah yang telah meninggal dunia.

Bacaan doa arwah untuk ayah ini cukup sama dengan doa untuk ibu.

Berikut bacaan lengkapnya.

Allahummaj’al wa aushil du’aaii ilaaruuhi abii. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’aafihii wa’fu anhu wa akrim nuzulahu wawassi’madkhalahu wataqabbal hasanaatihi wakaffir sayii-aatihaa birahmatika yaa arhamar raahimiina

Arti bacaan doanya: “Ya Allah, jadikanlah dan sampaikanlah doaku kepada roh ayahku. Ya Allah ampunilah dosanya, kasihanilah dan sejahterakanlah dia maafkanlah kesalahannya, muliakanlah kedatangannya, lapangkanlah kuburnya, terimalah kebaikannya, hapuskanlah kesalahannya dengan rahmat-Mu, Ya Allah, Tuhan yang Maha Pengasih.”

4. Doa untuk Orang Tua

doa arwah lengkap untuk orang tua

Jika kedua orang tua telah meninggal, kamu bisa memanjatkan doa arwah lainnya.

Simak bacaan doa untuk orang tua berikut ini!

Rabbighfirli, wali walidayya, warhamhuma kama rabbayani shaghira

Arti doa di atas: “Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.”

5. Doa untuk Ulama

bacaan untuk ulama yang meninggal

Mankana ya’budu Muhammadan, fainna Muhammadan qadmata. Waman kana ya’budullaha fainnallaha hayyun la yamutu

Arti doa di atas: “Siapa yang menyembah Muhammad, sungguh Muhammad telah wafat. Siapa yang menyembah Allah, ketahuilah bahwa Allah Zat yang Hidup Takkan Mati.”

6. Doa untuk Perempuan

bacaan untuk seorang perempuan yang meninggal

Allaahummaghfir laha warhamha wa’aafiha wa’fuanha wa akrim nuzula ha wa wassi’ madkholaha waghsilha bilmaa-i wats-tsalji wal barodi wa naqqi ha minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danasi wa abdil hadaaron khoiron mindaari hawa ahlan khoiron min ahliha wazaujan khoiron min zaoji hawa adkhil hal jannata wa ‘aidz hamin ‘adzaabil qobri wafitnatihi wamin ‘adzaabin naar

Arti bacaan doanya: “Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.”

7. Doa untuk Laki-Laki

doa arwah untuk laki-laki

Allaahummaghfirlahu warhamhu wa’aafihii wa’fuanhu wa akrim nuzula huwa wassi’ madkhola huwaghsil hubilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi himinal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hudaaron khoiron mindaari hiwa ahlan khoiron min ahlihi wazaujan khoiron minzaojihi wa adkhil hul jannata wa ‘aidzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar

Arti bacaan doanya: “Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.”

***

Semoga pembahasan doa arwah di atas dapat bermanfaat untuk Property People, ya!

Pantau terus artikel seputar doa dalam Islam lainnya hanya di Berita 99.co Indonesia.

Sedang berburu rumah dijual seperti Kota Baru Parahyangan di Padalarang, Bandung?

Wujudkan angan untuk miliki hunian menarik lainnya bersama 99.co/id dan rumah123.com, karena kami selalu #AdaBuatKamu.

Artikel ini bersumber dari : www.99.co.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News