Akibat Keterangan Selalu Berubah-ubah, Putri Candrawati yang Terlibat Pembunuhan Brigadir J Akan Melalui Uji Kebohongan Lewat Lie Detector, Begini Cara Kerjanya

Putri Candrawati akan melalui uji kebohongan lewat lie detector.

Putri Candrawati akan melalui uji kebohongan lewat lie detector.

GridHEALTH.id – Kasus pembunuhan Brigadir J yang dilakukan oleh Ferdy Sambo ternyata juga melibatkan istri Sambo, Putri Candrawati.

Dalam kasus ini, Putri Candrawati diketahui memberi keterangan yang berbeda-beda dalam setiap pemeriksaan sehingga penyidik menganggap Putri perlu melakukan uji kebohongan lewat lie detector.

Dalam bahasa indonesia lie detector diartikan sebagai pendeteksi kebohongan yang merupakan alat yang dipasangkanpada manusia dengan menggunakan mesin poligraf.

Lie detector sering digunakan dalam hal yang menyangkut hukum, terutama yang menyangkut tindakan kriminal. Penyidik sering menggunakan lie detector atau alat pendeteksi kebohongan guna mengungkap kebenaran yang sesungguhnya dalam beberapa kasus.

Tetapi lie detector juga bisa digunakan dalam rekruitmen kerja saat wawancara berlangsung, terutama untuk profesi tertentu.

Poligraf adalah perangkat yang mengumpulkan dan memungkinkan analisis respons fisiologis manusia melalui sensor yang secara fisik terhubung ke individu yang diperiksa oleh sistem ini.

Alat ini awalnya ditemukan pada awal 1902. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, lie detector sudah memiliki banyak versi yang lebih modern dan lebih canggih.

Seperti namanya lie detector atau pendeteksi kebohongan, ia berfungsi mendeteksi kebohongan seseorang lewat alat-alat vital seperti seperti detak jantung, pernapasan, dan kulit.

Melalui sensor-sensor yang menempel di tubuh, penyelidik bisa menemukan ada tidaknya perubahan abnormal pada ketiga fungsi tubuh di atas.

Hasilnya bisa langsung tertera pada kertas grafis. Pemeriksaan melalui alat pendeteksi kebohongan umumnya berlangsung selama kurang lebih 1,5 jam dengan tingkar akurasi 90%.

Alat pendeteksi kebohongan pada dasarnya mendeteksi kebohongan dari sistem gelombang yang mencatat dan merekam reaksi seseorang ketika ia diberikan sejumlah pertanyaan secara berkelanjutan.

Baca Juga :   Tips Agar Tetap Sehat dan Semangat Saat WFO

Bila seseorang berbohong, gelombang akan bergetar cepat. Sebaliknya jika seseorang jujur, gelombang tidak bergetar dengan cepat dan tidak terdeteksi oleh alat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News


Video Pilihan



Artikel ini bersumber dari : health.grid.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar