GajiPekerja.com

Informasi Gaji Pekerja Indonesia!

3 Oktober 2022

Suara.com – Hari Jumat selalu menjadi hari yang spesial bagi umat muslim di seluruh dunia. Selain dianggap hari baik, hari tersebut juga menjadi momen ibadah wajib yang dilaksanakan secara rutin, yakni sholat Jumat. Untuk memaksimalkan ibadah pada hari ini, Anda bisa cek sederet amalan hari Jumat yang bisa dilakukan.

1. Memperbanyak Shalawat

Membaca shalawat di hari Jumat akan dilipatgandakan pahalanya sebagai salah satu amalan di hari tersebut. Rasulullah SAW juga menjanjikan posisi dekat dengan beliau pada hari kiamat nanti, untuk orang-orang yang berselawat di hari Jumat ini.

2. Sedekah dan Membaca Al Qur’an

Baca Juga:
Waktu Sholat Dzuhur Bagi Perempuan di Hari Jumat, Haruskah Tunggu Laki-Laki Selesai Shalat Jumat?

Selain kaum adam, kaum hawa juga dapat memaksimalkan keutamaan hari Jumat dengan meningkatkan rakaat sholat sunnah, memperbanyak sedekah, dan menambah bacaan kitab suci. Amalan ini tampak sederhana, namun berkahnya luar biasa.

3. Membersihkan Diri

Tentu ritual mandi telah menjadi hal wajib untuk kaum adam yang akan melaksanakan ibadah sholat Jumat. Namun membersihkan diri juga dapat dilakukan kaum hawa untuk turut menambah amalan di hari yang penuh berkah ini.

4. Pakaian Terbaik dan Wewangian

Amalan hari Jumat berikutnya adalah menggunakan pakaian terbaik untuk menyambut hari Jumat, dan menggunakan wewangian saat melaksanakan sholat Jumat. Kedua hal ini dapat membuat seorang tampak lebih bersinar dan segar, serta memiliki suasana hati yang lebih baik.

Baca Juga:
Benarkah Wanita Salat Zuhur Harus Menunggu Salat Jumat Selasai?

5. Sholat Dzuhur di Awal Waktu

Amalan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menunaikan sholat dzuhur di awal waktu. Amalan ini bisa dilakukan oleh kaum hawa untuk mendapatkan pahala sunnah, sebab tidak melaksanakan sholat Jumat.

6. Surah Al-Kahfi

Membaca surah Al-Kahfi akan menjadi amalan hari Jumat berikutnya yang bisa dilakukan. Dalam sebuah hadis disebutkan, Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dua Jumat.

7. Duduk Tanpa Memeluk Lutut

Amalan ini dikhususkan pada kaum adam yang mengikuti sholat Jumat. Tindakan memeluk lutut ini termasuk tindakan yang lebih baik tidak dilakukan, mengacu pada sebuah hadis hasan yang diriwayatkan Abu Dawud dan Tirmidzi dari Sahl bin Mu’Adz bin Anas.

8. Segera Berangkat ke Masjid

Untuk berangkat ke masjid, seorang dianjurkan untuk menyegerakannya. Selain akan mendapatkan shaf terbaik ketika sholat nanti, seorang juga akan mendapatkan amalan luar biasa dengan mendatangi masjid dalam rangka beribadah. Sebelum sholat Jumat dimulai, ada baiknya juga melaksanakan sholat sunnah yang memungkinkan.

Itu tadi sederet amalan hari Jumat yang bisa dilakukan untuk memperoleh berkah sebanyak-banyaknya. Jika ada kesalahan penulis mohon maaf, dan semoga artikel ini menjadi bacaan yang berguna bagi Anda!

Kontributor : I Made Rendika Ardian


Artikel ini bersumber dari : www.suara.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News