5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Bekerja di Coworking Space, Biar Nyaman dan Fokus

Senin, 19 September 2022 09:00
Reporter : Wuri

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Bekerja di Coworking Space, Biar Nyaman dan Fokus
5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Bekerja di Coworking Space, Biar Nyaman dan Fokus. ©Shutterstock

Merdeka.com – Seiring dengan berkembangnya gaya bekerja hybrid yang nggak hanya terbatas di kantor saja, sekarang menyelesaikan pekerjaan bisa lebih fleksibel berkat perkembangan teknologi masa kini yang lebih canggih, terutama fasilitas internet. Coworking space pun menjadi salah satu opsi yang banyak dipilih kaum urban. Kehadiran fasilitas ini memang cukup membantu, terlebih buat yang bosan bekerja dari rumah dan tetap ingin merasakan vibes kantoran yang lebih kasual.

Siapa saja memang bebas bekerja di coworking space, tapi wajib banget dipahami beberapa tips berikut ini supaya bekerja lebih nyaman dan fokus. Apa saja sih?

2 dari 4 halaman

Pilih Dulu Coworking Space yang Sesuai Kebutuhan

5 hal yang perlu diperhatikan saat bekerja di coworking space biar nyaman dan fokus

©Shutterstock

Hal pertama yang perlu dilakukan demi kenyamanan saat bekerja di coworking space adalah pilih dulu mana yang sesuai kebutuhanmu. Berbagai tipe coworking space mulai bermunculan seiring dengan meningkatnya minat untuk bekerja secara fleksibel.

Perhatikan dengan baik mana yang memberikan fasilitas sesuai kebutuhan, misalnya terdapat public area dan meeting room, conference room atau sejenisnya. Jangan lupa pertimbangkan desain ruangan dan pengaturan meja yang tentunya mempengaruhi kenyamanan.

Datang Lebih Awal di Pagi Hari

5 hal yang perlu diperhatikan saat bekerja di coworking space biar nyaman dan fokus

©Shutterstock

Mulailah datang lebih awal di pagi hari saat menyewa coworking space. Hal ini memiliki sejumlah keuntungan, karena pagi hari merupakan momen produktif otak untuk bekerja. Jadi, kamu bisa melakukan berbagai persiapan terlebih dahulu agar lebih siap dalam bekerja.

Baca Juga :   PIALA DUNIA - Perketat Keamanan Piala Dunia 2022, Qatar dan Pakistan Siap Jalin Kerja Sama

Nggak hanya itu saja, saat masih pagi pun biasanya masih belum banyak orang berdatangan. Hal ini bisa membuat suasana bekerja jadi lebih kondusif, mengingat coworking space adalah area publik.

3 dari 4 halaman

Gunakan Headset atau Earphone untuk Memfilter Suara di Sekitar

5 hal yang perlu diperhatikan saat bekerja di coworking space biar nyaman dan fokus

©Shutterstock

Namanya juga fasilitas umum, tentu bekerja di coworking space akan ada banyak orang dan suara-suara yang bisa saja mengganggu konsentrasi. Untuk menyiasatinya, cobalah menggunakan headset atau earphone yang bisa membantu meredam berbagai suara yang ada.

Benda yang satu ini bisa membantu meredam suara-suara berisik di sekitar yang mungkin mengganggu konsentrasi. Dengan peralatan tersebut, kamu juga bisa mendengarkan lagu favorit yang bikin kerja jadi semangat. Nggak hanya itu saja, earphone atau headset juga membantu menjaga privasi saat bekerja, terutama saat sedang melakukan virtual meeting.

Mengetahui Batas Meja Kerja

5 hal yang perlu diperhatikan saat bekerja di coworking space biar nyaman dan fokus

©Shutterstock

Beberapa coworking space memang ada yang menawarkan meja-meja tunggal, tapi kebanyakan adalah meja panjang yang bisa digunakan beberapa orang sekaligus. Saat menemukan jenis yang semacam ini, perhatikanlah batas meja yang ditempati agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain.

Biarpun tidak ada batasan yang jelas, tapi bisa diperkirakan seberapa luas yang dibutuhkan. Atur juga barang-barang yang dibawa agar tidak melewati batas tersebut. Jangan lupa memperhatikan kebersihan dan kerapian meja yang ditempati.

4 dari 4 halaman

Gunakan Meeting Room Saat Harus Rapat Virtual

5 hal yang perlu diperhatikan saat bekerja di coworking space biar nyaman dan fokus

©Shutterstock

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ketika sedang meeting berlangsung. Bagi yang bekerja secara remote, pasti sudah nggak asing lagi dong dengan yang namanya meeting virtual. Saat harus melakukan agenda yang satu ini, perhatikan juga beberapa tips demi fokus dan nyaman selama meeting berlangsung.

Baca Juga :   Pelindungan Pekerja Migran di Kapal Ikan Asing Masih Lemah

Biar proses meeting yang kamu lakukan nggak mengganggu pengguna lainnya, sebaiknya sewa meeting room yang lebih privasi. Nggak hanya menjaga kenyamanan orang lain saja, diskusi selama meeting berlangsung juga bisa dilakukan dengan nyaman dan lebih fokus. Jadi, bisa menyampaikan ide-ide dengan lebih maksimal yang menunjang produktivitas.

Itu tadi beberapa tips yang perlu diperhatikan saat bekerja di coworking space. Yuk, mulai terapkan agar bisa bekerja dengan nyaman dan fokus!   

[wri]


Artikel ini bersumber dari : www.merdeka.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar