4 Tips Menyampaikan Ide di Tempat Kerja, Siapkan Mental!

Salah satu pendorong kemajuan suatu perusahaan adalah adanya ide-ide baru yang dapat menjadi terobosan dalam pencapaian suatu target ataupun prestasi. Ide dapat bersumber dari mana saja, termasuk dari para karyawan sebagai pelaksana pekerjaan.

Walaupun perusahaan saat ini telah banyak yang membuka diri dan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi para karyawan untuk menemukan dan menyampaikan ide, namun tak semua bisa memanfaatkan peluang ini.

Bukan saja karena belum mendapatkan ide, tetapi kadang-kadang sudah terpikirkan, tapi masih bingung bagaimana cara  untuk menyampaikannya.

Berikut 4 tips menyampaikan ide di kantor yang bisa kamu coba.

1. Kuasai inti ide

Sebelum menyampaikan ide kepada orang lain, kamu perlu benar-benar menguasai dan memahami gagasannya. Pastikan kamu benar-benar mengerti dari hulu ke hilir semua hal terkait ide ini. Buatlah gambaran yang jelas inti dari ide kamu ini sampai ke detail-detail kecil. Dan yang terpenting, kamu meyakini tujuan baik dari ide ini.

2. Persiapkan presentasi

Tidak selalu harus dalam bentuk presentasi dengan tampilan wow dan tampak jenius. Presentasi sederhana yang mampu membuat orang lain memahami maksud dari ide kamu sudah cukup. Yang penting kamu bisa membuat orang lain menangkap maksud, tujuan dan juga langkah-langkah atau rencana-rencana yang telah kamu buat untuk mewujudkan idemu ini.

3. Siap mental

Adalah hal biasa jika sesuatu yang baru akan menghadapi tantangan. Jangan kaget jika ada banyak pertanyaan meragukan terkait ide kamu. Kamu harus menyiapkan mental dan data untuk menjawab semua kemungkinan pertanyaan, kritikan bahkan sanggahan. Jangan terbawa emosi dan menyerang personal. Fokus pada inti permasalahan yang disampaikan dan abaikan hal-hal yang bersifat pribadi.

4. Berpikiran terbuka

Saat menerima tanggapan entah berupa dukungan ataupun kritikan, tetaplah berpikiran terbuka dan menerimanya secara profesional. Kamu perlu berpikir jernih dan mempertimbangkan masukan-masukan atau kritikan yang datang. Bisa jadi, hal itu dapat kamu pergunakan untuk memperbaiki kekurang atas ide kamu yang mungkin belum terlihat olehmu sebelumnya.

Demikianlah empat tips menyampaikan ide di kantor.  Jangan simpan sendiri ide-ide kamu. Kamu tak akan tahu bagaimana ide kamu akan ditanggapi jika tak pernah mencoba menyampaikannya. Siapa tahu, ide kamu membawa perubahan besar, baik bagi perusahaan maupun orang banyak. Dan tentu saja itu akan berpengaruh pada diri kamu juga.


Artikel ini bersumber dari : yoursay.suara.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan komentar